Filsafat Pendidikan" karya R.S. Peters merupakan sebuah karya klasik dalam bidang filsafat pendidikan yang menawarkan wawasan mendalam tentang konsep pendidikan dan pendidikan guru. Buku ini dibagi menjadi dua bagian utama: "Pendidikan" dan "Pendidikan Guru". Melalui berbagai bab yang komprehensif, Peters membahas berbagai aspek pendidikan dari sudut pandang filosofis, memberikan dasar yang kuat bagi pemahaman pendidikan modern dan peran guru di dalamnya.
Buku "Part I: Education
1. Education and the Educated Man
Pada bab ini, Peters mendefinisikan pendidikan dan karakteristik seorang yang terdidik. Ia mengemukakan bahwa pendidikan bukan hanya soal transfer pengetahuan, tetapi juga pembentukan karakter dan pemahaman kritis.
2. The Meaning of Quality in Education
Peters mengeksplorasi apa yang dimaksud dengan kualitas dalam pendidikan. Ia menyoroti pentingnya standar tinggi dalam proses pendidikan dan bagaimana kualitas ini dapat diukur dan dicapai.
3. Ambiguities in Liberal Education and the Problem of Its Content
Bab ini membahas ambiguitas yang ada dalam pendidikan liberal, khususnya mengenai isi kurikulum. Peters mengevaluasi perdebatan tentang apa yang seharusnya diajarkan dalam pendidikan liberal untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
4. Dilemmas in Liberal Education
Peters melanjutkan diskusi tentang pendidikan liberal dengan mengidentifikasi dilema-dilema yang dihadapi, seperti ketegangan antara pendidikan yang berorientasi pada utilitas versus pendidikan untuk pengembangan pribadi.
5. The Justification of Education