Abstract:
Â
The research was motivated by the fact that there were still low learning outcomes regarding ablution procedures at Kindergarten Al-Hidayah XXV Al Hikmah Dimoro, this was seen when students in practicing the act of ablution did not wash their hands up to the elbows and when washing the parts of the ablution were not appropriate. with restrictions on having to be exposed to ablution water. Applying the Problem Based Learning Method can be an alternative for improving student learning outcomes. Therefore, researchers are interested in conducting further research regarding the Problem Based Learning method. The aim of this research is to find out how big the application of Problem Based Learning and Animated Video Learning Media for Ablution Procedures is in improving the learning outcomes of group B children at Al-Hidayah XXV Al Hikmah Dimoro Kindergarten for the 2024-2025 academic year.
Keywords: Problem Based Learning, animated videos, learning outcomes and carateristics of early childhood
Abstrak:
Penelitian dilatar belakangi oleh kenyataan masih rendahnya hasil belajar materi tata cara berwudhu di TK Al-Hidayah XXV Al Hikmah Dimoro, hal itu nampak ketika peserta didik dalam mempraktikan tindakan wudhu tidak membasuh bagian tangannya sampai siku-siku dan ketika membasuh bagian-bagian wudhu belum sesuai dengan batasan-batasan yang harus terkena air wudhu. Penerapan Metode Problem Based Learning dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai metode Problem Based Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar penerapan Problem Based Learning dan Media Pembelajaran Video Animasi Tata Cara Berwudhu dalam meningkatkan hasil belajar anak kelompok B TK Al-Hidayah XXV Al Hikmah Dimoro Tahun pelajaran 2024-2025.
Kata kunci : Problem Based Learning, Vidio animasi, hasil belajar dan karateristik paud
PENDAHULUAN -- Heading 1 (12, Bold)
      Pembelajaran tata cara wudhu merupakan bagian penting dalam Pendidikan Agama Islam yang perlu dipahami oleh siswa sejak dini. Namun, tantangan yang dihadapi dalam mengajarkan materi ini adalah peserta didik masih  belum memahami tata cara wudhu dengan benar. Hal itu nampak ketika peserta didik dalam mempraktikan tindakan wudhu tidak membasuh bagian tangannya sampai siku-siku dan ketika membasuh bagian-bagian wudhu belum sesuai dengan batasan-batasan yang harus terkena air wudhu. . Berdasarkan dari hasil pengamatan pendidik terkait kemampuan praktik wudhu yang dilakukan pada tanggal 02 November 2024 maka perlu adanya  upaya untuk meningkatkan pemahaman peserta didik tentang tata cara berwudhu dalam mencapai standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).
      Kurangnya ketrampilan peserta didik dalam berwudhu terjadi karena dalam kegiatan pembelajarannya kurang melibatkan peserta didik. Maka perlu adanya upaya peningkatan hasil belajar peserta didik dalam ketrampilan berwudhu peserta didik tentang tata cara wudhu. Salah satu upaya  tersebut yaitu memilih metode pembelajaran yang tepat dan media pembelajaran yang sesuai dengan anak usia dini. Penggunaan metode yang tepat akan mampu mencapai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Pembelajaran yang baik itu tidak hanya  berpusat pada guru, tetapi juga bagaimana menciptakan suasana kelas yang aktif. Salah   satu metode pembelajaran yang dapat membuat peserta didik aktif dalam kelas adalah metode Problem Based Learning. Selain metode pembelajaran yang tepat, pemilihan media pembelajaran yang tepat juga memiliki kontribusi dalam meningkatkan pemahaman peserta didik. Media pembelajaran berupa vidio animasi dirasa tepat karena untuk mengikuti perkembangan zaman dan sesuai dengan karakter peserta didik Gen Alpha yang dalam kegitan sehari-hari tak lepas dari HP.
      Penelitian ini untuk menjawab beberapa permasalahan yaitu  : 1. Bagaimanakah penerapan model Problem Base Learning  melalui media pembelajaran vidio animasi pada materi tata cara berwudhu dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas TK B di TK Al-Hidayah XXV Al Hikmah Dimoro?. 2. Bagaimana hasil belajar siswa kelas  TK B di TK Al-Hidayah XXV Al Hikmah Dimoro setelah digunakannya model pembelajaran problem based learning dengan media pembelajaran vidio animasi pada materi tata cara bwewudhu ?.