Teori Lev Vygotsky dan Jean Piaget tentang perkembangan sosial dan kognitif anak-anak menekankan peran interaksi sosial dalam proses pembelajaran.Â
Teori Lev Vygotsky
Perkembangan kognitif anak-anak terjadi melalui interaksi sosial dengan orang lain yang lebih berpengetahuanÂ
Perkembangan kognitif anak-anak terjadi melalui proses internalisasi tanda-tanda yang diperoleh dari orang lainÂ
Pembelajaran paling efektif terjadi ketika anak dibantu oleh orang dewasa atau teman sebaya yang lebih kompetenÂ
Konsep "zona perkembangan proksimal" (ZPD) yang menunjukkan jarak antara tingkat perkembangan aktual dan potensial anakÂ
Teori Jean Piaget
- Perkembangan kognitif anak-anak berlangsung melalui berbagai tahapan yang dipengaruhi oleh interaksi dengan lingkunganÂ
- Anak-anak termotivasi secara intrinsik untuk belajar sendiriÂ
- Perkembangan kognitif anak-anak berlangsung sesuai dengan usiaÂ
- Anak-anak mampu melakukan sendiri atau memandang anak-anak sebagai pembelajaran lewat penemuan sendiriÂ
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H