Mohon tunggu...
Manwar
Manwar Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Main bola

Selanjutnya

Tutup

Analisis

teori lev vygotsky dan piaget tentang perkembangan sosial dan kognitif

17 Januari 2025   22:18 Diperbarui: 17 Januari 2025   21:19 12
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Analisis Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Teori Lev Vygotsky dan Jean Piaget tentang perkembangan sosial dan kognitif anak-anak menekankan peran interaksi sosial dalam proses pembelajaran. 

Teori Lev Vygotsky

Perkembangan kognitif anak-anak terjadi melalui interaksi sosial dengan orang lain yang lebih berpengetahuan 

Perkembangan kognitif anak-anak terjadi melalui proses internalisasi tanda-tanda yang diperoleh dari orang lain 

Pembelajaran paling efektif terjadi ketika anak dibantu oleh orang dewasa atau teman sebaya yang lebih kompeten 

Konsep "zona perkembangan proksimal" (ZPD) yang menunjukkan jarak antara tingkat perkembangan aktual dan potensial anak 

Teori Jean Piaget

  • Perkembangan kognitif anak-anak berlangsung melalui berbagai tahapan yang dipengaruhi oleh interaksi dengan lingkungan 
  • Anak-anak termotivasi secara intrinsik untuk belajar sendiri 
  • Perkembangan kognitif anak-anak berlangsung sesuai dengan usia 
  • Anak-anak mampu melakukan sendiri atau memandang anak-anak sebagai pembelajaran lewat penemuan sendiri 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun