Mohon tunggu...
Ilham
Ilham Mohon Tunggu... Wiraswasta - Seorang blogger.

Saya suka menulis.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Isi Waktu Kita dengan Melakukan Kegiatan-kegiatan yang Bagus

7 Juli 2022   12:00 Diperbarui: 7 Juli 2022   12:06 74
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Photo by Robert Collins on Unsplash

Perbanyak menggunakan waktu kita di dunia ini untuk melakukan atau mengerjakan hal-hal yang penting seperti: belajar bahasa Inggris di HP, membaca buku yang bagus, membersihkan kamar tidur, dan menulis artikel yang berkualitas untuk dibaca. Kurangi kegiatan-kegiatan yang tidak terlalu penting untuk dilakukan seperti: bermain ponsel terlalu lama hanya untuk bermain gim, menonton TV terlalu lama, apalagi kalau acaranya itu tidak bermutu, dan kegiatan-kegiatan semacam itu.

Saya pikir ada lumayan banyak sekali hal-hal yang tidak penting untuk dilakukan di dunia ini.

Ingat, sob; waktu kita sebagai manusia di dunia ini itu hanya sebentar saja alias tidak lama. Jadi, mari menggunakan waktu kita yang masih ada (atau mungkin hanya tersisa) untuk kita gunakan dengan efektif dan bijak, yaitu memikirkan hal-hal yang penting dan bermakna untuk dikerjakan di dunia ini, di kehidupan ini.

Dan, tidak ada perlunya bersikap serius dalam menjalani kehidupan ini, yang penting itu bersungguh-sungguh. Dunia ini bersifat objektif, dan kita sebagai manusia tidak bisa mengubah dunia ini, tapi, kita sebagai manusia bisa mengubah pandangan kita terhadap dunia ini atau mengubah dunia kita dengan subjektifitas kita sendiri. Apakah kita akan membuat dunia ini serius, atau santai-santai saja, itu bisa dilakukan dengan cara mengubah cara pandang kita terhadap dunia kita masing-masing.

Saya sendiri melihat dunia ini dengan cara pandang yang santai atau tidak serius, tapi saya tetap bersungguh-sungguh dalam menjalani kehidupan saya ini, tidak meremehkannya. Walaupun saya tidak melihat dunia saya secara serius, saya juga tidak akan meremehkan dunia yang saya lihat ini. Kalau masih bingung, akan saya berikan satu quotes yang mudah dipahami: "Jangan serius, tapi, jangan juga meremehkan." Semoga kamu paham. Ha-ha.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun