Mohon tunggu...
Mansur Anchu
Mansur Anchu Mohon Tunggu... Guru - Guru SMP neg. 2 Pangsid

guru matematika smp neg. 2 pangsid kab. sidenreng rappang prop. sulawesi selatan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Memanfaat Kelas Online Berkat Ilmu DOL

21 Agustus 2014   20:17 Diperbarui: 18 Juni 2015   02:56 40
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Kemajuan teknologi saat ini memungkinkan orang melakukan apa saja melalui internet. Kita bisa dengan bijak memanfaatkan internet dengan kegiatan belajar mengajar.Selaku guru memang seharusnya menguasai IT (tidak melek IT).

Bagi Guru yang mau belajar ( menambah ilmu ) , tidak lagi harus menunggu untuk dipanggil Pelatihan dan Pendidikan, tetapi dengan memanfaatkan teknologi ( internet ), karena beberapa lembaga sudah mengadakan Diklat Online ( DOL ), misalnya PPPPPTK Matematika Yogjakarta yang selalu mengadakan DOL dalam rangka peningkatan kompetensi guru.

Saya adalah seorang guu matematika, awalnya saya belajar internet karena pada suatu waktu siswa menanyakan soal matematikalalu saya Tanya dimana dapat ini soal, siswa saya menjawab dari internet pak. Setelah saya telusuri ternyata siswa tersebut sudah lama mengenal namanya internet. Dari kejadian tersebut maka saya pun berusaha untuk belajar cara menggunakan internet dengn dibimbing oleh siswa saya tersebut.

Alhamdulillah, hari ini saya sudah mendapat hasil dari semua kejadian itu, karena saya telah mengikuti kegiatan DOL yang dilakukan oleh P4TK Matematika. Ilmu yang saya peroleh dari DOL sebagian saya sudah imbaskan kepada teman-teman guru melalui kegiatan MGMP, bahkan kepada siswa saya misalnya Geogebra dan Video Conference ( VICON).

Contoh penggunaan kepada siswa adalah pada suatu waktu saya sedang sakit,yang membuat saya tidak bisa masuk kelas, karena pernah belajar di DOL, maka saya menggunakan internet untuk proses belajar mengajar.Aplikasi yang saya gunakan adalah media social Facebook, google drive, skype, dan quis wondershare.

Pada kegiatan itu siswa pun melakukannya dengan senang hati walaupun saya tidak berada di dalam kelas.

Tulisan ini adalah tugas Diklat Online PPPPTK Matematika

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun