Mohon tunggu...
Mansur Anchu
Mansur Anchu Mohon Tunggu... Guru - Guru SMP neg. 2 Pangsid

guru matematika smp neg. 2 pangsid kab. sidenreng rappang prop. sulawesi selatan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pertanyaan Efektif

9 September 2014   02:41 Diperbarui: 18 Juni 2015   01:15 30
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pertanyaan efektif

Salah satu tujuan mengajar adalah untuk mengembangkan siswaberpikir, maka kemampuan utama guru adalah mengajukan pertanyaan.

Dari sisi cara guru bertanya, sering terjadi guru berhenti bertanya ketika jawaban yang dianggapnya benar sudah muncul. Sehingga terkesan guru bertanya hanya mengharapkan jawaban benar, bukan merangsang siswa berpikir . Akibatnya dapat terjadi, siswa tidak akan berani menjawab bila merekan tidak yakin jawabannya benar.

Jenis pertanyaan yang diajukan guru sangat berpengaruh terhadap perkembangan keterampilan berpikir siswa . Pertanyaan yang memicu siswa untuk berpikir analitis, evaluative, dan kreatif dapat melatih siswa untuk menjadi pemikir yang kritis dan kreatif.

Karakteristik pertanyaan efektif, yang dapat membelajarkan siswa secara

Maksimal adalah,: pertanyaan yang menuntut kemampuan berpikir tingkat tinggi, yaitu menganalisis, mengevaluasi, dan mengkreasi atau merangsang siswa untuk melakukan pengamatan, percobaan dan penyelidikan, berimajinasi, dan berpikir alternative ( lebih dari satu kemungkinan)

Pertanyaan yang kurang efektif itu adalah pertanyaan yang tidak bermakna ganda atau pertanyaan yang hanya memerlukan satu jawaban benar, alasannya pertanyaan seperti itu tidan membuat anak berpikir kritis dan inovatif. Contoh pertanyaan yang kurang efektif berapakah rata-rata dari nilai berikut 8,5, 5, 5, 6, 7.

Setelah mendapatkan materi pertanyaan efektif maka hal yang saya harus lakukan adalah 1). Berlatih membuat pertanyaan yang efektif ,2) Membiasakan siswa dalam pertanyaan efektif, 3) memunculkan pertanyaan efektif disetiap pembelajaran

Artikel ini adalah bagian dari tugas Diklat Online P4TK Matematika".

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun