Â
Cirebon, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon, Esya Karnia Puspawati, memperkenalkan diri dan jabatan orang - orang disampingnya dengan jabatannya masing - masing kepada Komunitas Content Creator Cirebon. Ruang Mahkota Hotel Apita Cirebon, Selasa, 23 Juli 2024.
KPU Cirebon mengagendakan ada 11 elemen Komunitas untuk diajak mempromosikan dan mensosialisasikan pemilu kepala daerah yang dijadwalkan pada 27 November 2024. Perlu dicatat bahwa pemilihan kepala daerah serentak ini, yang pertama di 37 provinsi dan 508 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.
Tujuan utama dari acara ini adalah untuk mengedukasi dan menginformasikan kepada masyarakat tentang proses pemilihan dan mendorong partisipasi aktif dari masyarakat.
Menjelang hari pencoblosan, KPU Cirebon ingin menyampaikan informasi kepada masyarakat terkait perkembangan persiapan pencoblosan, tahapan yang sudah dilaksanakan, serta pekerjaan rumah yang masih harus diselesaikan di Kabupaten Cirebon.
"Pada tanggal 27 November, saat kita mendekati peristiwa penting ini, kami ingin melibatkan masyarakat dalam pilkada ini. Seperti perayaan pada umumnya, kami ingin berbagi berita dan menyampaikan undangan kepada masyarakat untuk mensukseskan Pilkada 2024" kata Esya.
dilanjutkan Esya, Sembari mengenalkan dua jingle dengan mengajak bernyanyi bersama Komunitas Content Creator Cirebon. Jingle pertama adalah lagu Nasional KPU, disusul jingle kedua dari KPU Cirebon Hasil dari sayembara dengan tema "Pilkada Kabupaten Cirebon, Katon Bebarengan". Jingle ini bertujuan untuk mengajak Komunitas konten Kreator Cirebon untuk berinteraksi dengan masyarakat Cirebon melalui platform media sosial mereka.
Para konten kreator  diundang untuk berkolaborasi dan bermitra dengan KPU Kabupaten  Cirebon guna menjangkau warga Kabupaten Cirebon. Melalui kekuatan media sosial dan platform daring, dengan konten dapat memainkan peran penting dalam menyebarkan kesadaran dan informasi tentang pemilihan kepala daerah yang akan datang.
Acara resmi dibuka dengan upacara pembukaan yang ditandai dengan ketukan keras sebanyak tiga kali sebagai tanda dimulainya kegiatan "Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih pada Pilkada Serentak 2024 kepada Komunitas Content Creator Cirebon".
Dalam beberapa tahun terakhir, Â pembuatan konten mengalami perkembangan yang signifikan. terbukti dengan meningkatnya jumlah pengikut Komunitas Content Creator Cirebon melalui platform media sosial , konten kreator telah menjadi bagian penting dalam mengenalkan berbagai hal melalui Konten yang dibuat baik secara individu atau secara bersama-sama antar komunitas.
Sigitbt, sapaan akrab koordinator Komunitas Content Creator Cirebon ( K3C), memberikan sambutan hangat dan perkenalan  kepada ketua beserta jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon.
Dalam sambutannya, Sigitbt, "menyampaikan rasa terima kasih atas kepercayaannya kepada K3C dengan harapan agar terjalin kerja sama yang baik". Ujarnya
Kolaborasi antara K3C dan KPU Kabupaten Cirebon diharapkan menjadi kemitraan yang saling menguntungkan. Dengan bekerja sama, kedua belah pihak dapat memanfaatkan kekuatan masing-masing untuk meningkatkan komunikasi, keterlibatan, dan kesadaran seputar pemilihan kepala daerah.
Salah satu tujuan utamanya adalah menyelaraskan para konten kreator dengan pemilu mendatang. Melalui perencanaan strategis dan pembuatan konten yang terarah, Komunitas Content Creator Cirebon  untuk mengajak masyarakat dalam pilkada dan memastikan proses pemilu yang adil dan transparan.
Sejalan dengan Komunitas Content Creator Cirebon, juga ada paguyuban  Nok Kacung Kabupaten  Cirebon yang optimis dengan hasil yang akan dicapai melalui kolaborasi.
Dengan memanfaatkan kreativitas dan pengaruh kreator konten yang memiliki pengikut setia di media sosial, proses pemilu akan meningkat, melalui partisipasi pemilih pemula.
Kolaborasi antara paguyuban Nok Kacung Kabupaten Cirebon, Komunitas Content Creator Cirebon dan KPU Kabupaten Cirebon, memiliki harapan besar bagi suksesnya pemilihan kepala daerah kabupaten Cirebon, melalui pesan konten positif di Media Sosial menjelang pemilihan kepala daerah.
Saat ini, media sosial telah menjadi alat yang ampuh untuk berkomunikasi dan berbagi informasi. Dengan jutaan pengguna yang aktif seperti Facebook, Twitter, Tiktok dan Instagram, kandidat dan organisasi politik dapat dengan mudah terhubung dengan pemilih dan menyampaikan pesan mereka secara efektif.
Melalui iklan yang ditargetkan, siaran langsung, dan konten interaktif, media sosial memungkinkan keterlibatan langsung dengan pemilih dan dapat berdampak signifikan terhadap perilaku pemilih.
Salah satu peran utama generasi muda menjelang pemilu adalah mendorong pendaftaran dan partisipasi pemilih. Dengan menyelenggarakan ajakan melalui media sosial, organisasi tersebut dapat memobilisasi anggota dan pengikutnya untuk mendaftar sebagai pemilih dan berpartisipasi dalam proses pemilu. Dengan menekankan pentingnya setiap suara dan dampak kolektif dari masyarakat yang bersatu. Â
Partisipasi aktif Paguyuban Nok Kacung dan Komunitas Content Creator Cirebon dalam pemilihan kepala Daerah kabupaten Cirebon sangat penting untuk mendorong keterlibatan pemilih, meningkatkan kesadaran, dan menjaga integritas proses pemilu.
Dengan memanfaatkan kekuatan media sosial dan memanfaatkan jaringan komunitasnya, Sehingga dapat memberikan dampak yang berarti pada hasil pemilu dan berkontribusi pada demokrasi yang lebih kuat di kabupaten Cirebon.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H