Mohon tunggu...
Ahmad Saukani
Ahmad Saukani Mohon Tunggu... Administrasi - pensiun bukan lantas berhenti bekerja

pensiun bukan lantas berhenti bekerja

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Setelah Gagal Cangkok Jambu Jamaika

18 Oktober 2018   11:07 Diperbarui: 18 Oktober 2018   14:06 1216
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
cangkok jambu jamaika yang gagal/dok pribadi

Salah satu dari grup WA yang saya ikuti Admin-nya super kreatif ada saja ide-nya yang bikin suasana Grup jadi meriah. Salah satu dari kreativitasnya adalah main tebakan. Salah satu dari jenis tebakannya adalah "Tebak buah". Pak Admin kirim gambar buah yang agak disamarkan diiringi dengan pertanyaan "Buah apa?"

Maka ramailah anggota dari yang menjawab secara serius sampai yang menjawab asal saja dan ada yang cuma kasih komen saja.

Berikutnya para anggota terutama emak-emak jadi ikut-ikutan saling kirim tebakan, suasana grup jadi semakin meriah. Hebatnya ada yang kirim tebakan pakai hadiah segala, janjinya apabila penebak tepat dari emak-emak akan dapat hadiah jilbab, sementara kalau bapak-bapak pemenangnya akan dapat hadiah kopiah. Nah apa gak semakin meriah tuh?

Kemarin giliran jambu jamaika alias jambu bol yang menjadi obyek pertanyaan. Jambu bol kendati masih karabat jambu-jambuan dengan jambu air, tapi tekstur daging buah keduanya agak berbeda. Tekstur buah jambu bol lebih lembut dan padat, sementara jambu air sesuai namanya agak berair.

buah jambu jamaika/dok pribadi
buah jambu jamaika/dok pribadi
Berbicara tentang jambu bol belakangan populer disebut jambu jamaika, selanjutnya saya sebut jambu jamaika saja, saya pernah mencoba utuk memperbanyak pohon jambu jamaika tersebut dengan cara mencangkok.

Kendati ada yang mengatakan memperbanyak pohon jambu jamaika dengan cara cangkok sulit tumbuh, saya tetap mencobanya, penasaran saja itu sebabnya.

Di halaman belakang rumah adik yang cukup luas ada bermacam pepohonan tumbuh, ada  tiga jenis pohon rambutan, pohon mangga, sawo, petai dan satu batang pohon jambu jamaika.

Pohon jambu jamaika itu sudah sering berbuah bahkan sepertinya tidak kenal musim, pohon tersebut selalu ada buahnya, makanya saya tertarik untuk memperbanyaknya.

Usaha mencangkok pohon jambu jamaika tersebut sebenarnya sudah cukup lama berlalu dan prosesnya sempat saya upload di Youtube. Usaha cangkok tersebut sudah berlalu selama delapan bulan.

Saya pilih dua batang yang saya anggap bagus, itu yang saya cangkok. Saya mengerjakannya dengan cara yang saya anggap bahkan sempurna, bagaimana cara mencangkok yang baik dan benar. Tidak lupa saya kasih pula perangsang tumbuh akar.

Biasanya mencangkok itu cukup sebulan setengah sampai dua bulan akar sudah tumbuh. Sebelunya saya pernah mencangkok pohon tin dan berhasil.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun