Mohon tunggu...
Ahmad Saukani
Ahmad Saukani Mohon Tunggu... Administrasi - pensiun bukan lantas berhenti bekerja

pensiun bukan lantas berhenti bekerja

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

2018, Kroasia Juaranya

15 Juli 2018   08:34 Diperbarui: 15 Juli 2018   08:52 930
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
tim Kroasia sang calon juara dari sindo news

Semula buat saya sebenarnya Piala Dunia itu sudah berakhir tanpa ada pemenangnya, ketika pertandingan babak semifinal berlangsung pada jam 1 dini hari waktu Indonesia Bagian Barat, kalau di Rusia mungkin masih agak sore. Buat saya tidur lebih bijaksana ketimbang melototin orang mengejar-mengejar bola di tengah malam buta.

Tapi apa boleh buat sepak bola itu hiburan kata banyak orang, menyenangkan dan menyehatkan buat pelakunya dan menyenangkan buat penontonnya. Dan pastinya menegangkan buat para penjudi yang bertaruh. Itu harus saya akui dan nyatanya Piala Dunia memang belum berakhir, malah sedang diujung rasa penasaran banyak orang, siapa kiranya tampil sebagai pemenang.

Ketika Kroasia dan Inggris bertanding di semifinal, paginya penasaran siapa pemenang dan berapa skornya, melepas rasa penasaran itu rupanya satu keasyikan tersendiri. Selanjutnya lewat siaran berita tv, dikabarkan Inggris tumbang dikalahkan oleh Kroasia yang boleh dibilang sebagai pendatang baru di Piala Dunia. Akhirnya semua tahu baik yang bergadang mengikuti jalannya pertandingan maupun yang asyik-masyuk di tempat tidur, bahwa Kroasia-lah yang berhak maju ke final sebab berhasil mengalahkan Inggris dengan skor 2 -- 1.

Perjalan Kroasia sampai ke babak final boleh dibilang spektakuler. Diperempatfinal Kroasia mengalahkan Denmark dengan skor 3 -- 2 lewat adu finalti yang menegangkan, itupun saya tahu dari media dan curi dengar dari obrolan anak-anak muda penyuka bola.

Sebelumnya di babak penyisihan Kroasia menjadi juara grup menyisihkan Argentina yang menempati peringkat ke dua. Kroasia bahkan sempat membuat malu Messi dan kawan-kawan dengan skor telak  3 -- 0.

Majunya Kroasia ke babak final itu berarti, Kroasia akan berhadapan dengan Prancis yang sudah lebih dulu memastikan diri maju ke final dengan mengalahkan Belgia dengan skor tipis 1 --  0.

Bagusnya pertandingan penentuan yang ditunggu banyak orang akan berlangsung sekitar jam sepuluh malam WIB , belum terlalu larut. Mungkin saya akan menyaksikannya. Saya tak hendak memprediksi, tim mana yang akan muncul sebagai pemenang dan menjuarai Piala Dunia, Prancis kah, atau Kroasia?.

Kalau memprediksi siapa pemenangnya tentunya dengan alasan dan ulasan menarik dan masuk akal bagaimana kiranya kekuatan sang calon juara yang diunggulkannya, sehingga pantas menjadi pemenangnya.

Saya cuma berharap Kroasia bisa mengatasi Prancis dan mengalahkannya, tidak peduli berapa goal tercipta. Alasannya sederhana saja. Kroasia sebagai debutan di Piala Dunia 2018  ini sebetulnya kurang begitu diperhitungkan tapi ternyata bisa tampil luar biasa dengan menaklukan raksasa sepak bola dunia seperti Argentina, Rusia dan Inggris.

Saat ini Indonesia sedang bersiap menggelar Asian Games. Tentu saja banyak cabang olah raga yang yang akan dilombakan akan diikuti termasuk sepak bola. Saya berharap prestasi Kroasia yang kata pelatihnya Zlatko Dalic "Kroasia Bangsa yang Tak Pernah Menyerah" bisa sebagai pelecut semangat putra-putri bangsa untuk berprestasi.

Oh ya, nonton bola boleh serius tapi harus santai dan tentu saja yang selalu patut diingat adalah "jangan nonton bola tanpa Kacang Garuda"

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun