Mohon tunggu...
Managementhgz
Managementhgz Mohon Tunggu... -

Jl. jend gatot subroto

Selanjutnya

Tutup

Money

Strategi Sales and Marketing (Persembahkanlah Layanan Bintang 6)

24 April 2014   21:39 Diperbarui: 23 Juni 2015   23:14 53
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
13983251531119854451

Menurut Hamry Gusman dalam Buku 7 Mukjizat Finansial, salah satu dari tips untuk meningkatkan penjualan dan pemasaran adalah dengan “mempersembahkan layanan bintang 6.” Dengan jurus penetapan harga yang heboh, anda akan lebih mudah menaklukan pasar, namun ada beberapa jenis produk, yang tidak terlalu sensitive terhadap harga, namun sensitive terhadap pelayanan. Bahkan konsumen berani mengeluarkan uang lebih banyak, asalkan mendapatkan pelayanan dan khualitas yang memuaskan. Dan dengan pelayanan yang memuaskan ini, banyak produk atau jasa yang berhasil menjadi market leader di bidangnya.
Baiklah, ini beberapa contohnya:

Southwest Airlines
Herbert David Kelleher, kelahiran New Jersey, 12 Maret 1931 ini, mendapatkan pelajaran dari sang ibunda mengenai pentingnya memperlakukan orang dengan baik. Filosofi itulah yang diterapkan saat ia mendirikan Southwest Airlines, yang akhirnya menjadi perusahaan penerbangan terbaik di Amerika Serikat. Herb ingin memastikan para penumpang sangat menikmati perjalanan mereka. Melalui sentuhan midasnya, Southwest bukan cuman dikenal dengan harga tiket yang murah, namun juga menjadi perusahaan yang sangat sehat dan menjadi perusahaan terfavorit unruk bekerja bagi karyawan di Amerika Serikat pada tahun 1990.
Ini semua karena ia memperlakukan dengan baik karyawannya “APABILA KITA MEMPERLAKUKAN DENGAN BAIK, MAKA KARYAWAN AKAN MELAYANI PELANGGAN DENGAN BAIK, SEHINGGA PELANGGAN AKAN TERUS KEMBALI.” Jelasnya. Dan karyawan Southwest juga diperlakukan sebagai pemilik perusahaan, dimana karyawan diberi jatah 13% saham Southwest!!!

Suatu saat, ada seorang pemunmpang yang sakit jantung dan kondisinya melemah saat sedang menunggu pesawat di airport, lalu akhirnya penumpang itu diantar dan ditemani sepanjang malam oleh karyawan Southwest. Lalu ada juga seorang penumpang yang ban mobilnya bocor, saat menuju airport, dan menelpon kantor Southwest, maka karyawan Southwest langsung datang membantunya menganti ban, dan mengantar sang penumpang menuju airport. Herb memang menginginkan agar Southwest menjadi tempat dimana karyawan menikmati pekerjaanya dan pelanggan menikmati penerbangannya. Ia sadar, hal itu lebih menguntungkan dibanding sekedar hanya tiket murah saja. Bahkan dalam merekrut karyawan, Herb lebih memilih karyawan yang memiliki sopan santun walaupun pengalaman dan skill-nya kurang. Ia berujar “KAMI BISA MELATIH ORANG, NAMUN KAMI TIDAK BISA MENGUBAH DNA-NYA, MENJADI ORANG YANG PUNYA SOPAN SANTUN.”
“Your people may come first, and if you treat them right, they’ll treat customers right.”

Herb Kelleher, CEO dan Founder Southwest Airlines

Ir. Hamry Gusman Zakaria, MM
Motivator dan Penulis Buku 7 Mukjizat Finansia
l
www.MajalahMotivasi.co.id

Mohon tunggu...

Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun