Di tahun 2022 ini, tentu saja beberapa hal berubah mengikuti tren yang ada. Terutama perubahan digital marketing yang telah banyak berubah mengikuti teknologi yang semakin berkembang.Ini penting untuk dicari tahu dalam menentukan strategi pemasaran bagi kamu yang punya bisnis atau brand supaya bisa dijangkau dengan mudah oleh konsumen. Dan kamu bisa meningkatkan brand awareness dan penjualan produk kamu.
Berikut ini adalah tren yang sedang marak digunakan oleh para pelaku usaha dunia Digital Marketing :
1. Artificial Intelligence
Artificial intelligence (AI) adalah kecerdasan buatan yang ditambahkan dalam sebuah sistem yang berpikir layaknya manusia. Seperti contoh Chatbots yang otomatis menjawab pertanyaan dengan pengunjung website secara real time. Chatbots menggunakan interaksi verbal atau chat windows yang dapat membantu pengguna menemukan apa yang mereka cari. Selain itu, bentuk AI yang banyak digunakan adalah voice assistant Alexa dan Siri yang memberikan layanan dan membantu kita mempermudah aktivitas kita hanya melalui smartphone.
2. Shoppable Post Instagram
Instagram adalah sosial media paling efektif untuk memasarkan produk. Oleh sebab itu, Instagram  merilis fitur shoppable post. Fitur ini membuat kita dapat melihat gambar sekaligus melihat harga produk yang diinginkan, mengirim link website dan checkout langsung hanya melalui aplikasi. Semua orang merasa mudah untuk berbelanja.
3. Direct Message
Karena sudah banyak yang menggunakan sosial media sebagai media untuk berbelanja, akan berpengaruh pada direct message (DM) pun akan semakin sering digunakan. DM membangun koneksi yang lebih akrab dan santai dengan pengguna. Pengguna juga lebih merasa nyaman berkomunikasi lewat DM karena bisa bebas bertanya tentang produk yang ada.
4. Personalisasi Pelanggan
Kepuasan pelanggan adalah yang paling dikedepankan. Karena itu perusahaan mulai mengedepankan personalisasi agar pengguna setia dengan produk atau jasa tersebut. Contoh Spotify yang memiliki data pendengar dan menganalisis lagu yang didengarkan sehingga muncul fitur Discover Weekly yang pas banget untuk pendengarnya. Terus beberapa situs E-commerce yang merekomendasikan produk relevan dari hasil pencarian yang pernah dilakukan prediksi hk. Cara ini bisa diterapkan untuk meningkatkan pemasaran di tahun 2022.
5. Influencer
Dalam beberapa tahun ini para influencer meningkat pesat. Influencer diperkirakan masih sangat bagus untuk menjadi sarana pemasaran merk di tahun ini. Peran dari Influencer bisa mendongkrak dan membuat samakin dikenal brand serta memberikan rasa kepercayaan dan aman kepada calon konsumen. Influencer pun makin banyak baik di platform seperti Instagram, Youtube maupun Tiktok.
6. Video Marketing
Tren lain yang harus disiapkan sebagai strategi digital marketing adalah video marketing. Media audio visual bergerak ini menjadi sarana terbaik untuk  mempelajari produk. Video yang kreatif pun akan menarik perhatian konsumen. Video pemasaran yang diunggah di Youtube dan sosial media lain akan membuat orang-orang menjadi lebih percaya untuk membeli produk tersebut. Sekarang sudah banyak brand yang menyiapkan marketing video seperti web series, live video, 360 video dan video kreatif lainnya supaya penonton tidak bosan dengan iklan.
7. Content Marketing
Content marketing saat ini masih menjadi cara yang egfektif untuk menarik konsumen menuju website. Konten marketer harus bisa menyajikan konten yang kreatif. Konten yang kreatif & berkualitas membangun hubungan baik dengan konsumen dan membuat brand tersebut terpercaya. Tidak hanya bentuk tulisan saja seperti artikel, content marketing bisa berupa gambar, game online, video atau podcast.
Seperti itu lah kurang lebih tren Digital Marketing yang bisa saja membuat brand mu menjadi meledak luar biasa. Kira-kira tren apa lagi yah yang akan terjadi beberapa tahun mendatang ? tuliskan di kolom komentar yaa guys !