Mohon tunggu...
Suharyanto Mallawa
Suharyanto Mallawa Mohon Tunggu... Pustakawan - Pustakawan Perpusnas

Belajar Menulis Kepustakawanan dan Perpustakaan

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan

Pelayanan Publik Pusbiola, Inovasi Tiada Henti, Kreativitas Tanpa Batas

2 April 2024   23:41 Diperbarui: 19 April 2024   06:47 118
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
 Sumber gambar Humas perpusnas 2023

Kreativitas Tanpa Batas, Inovasi Tiada Henti merupakan slogan sebagai suatu upaya Perpustakaan Nasional RI  melalui Pusat Bibliografi dan Pengolahan Bahan Perpustakaan (Pusbiola) pada tahun 2022 melaui layanan ISBN mengikuti Kompetisi Inovasi Pelayan Publik (KIPP) dengan judul Inovasi SiGoblic (Sistem ISBN  Go Publik), setelah melalui proses yang panjang dan perjuangan serta dedikasi dari Tim ISBN, Pusbiola berhasil masuk ke dalam 99 Ionavsi Pelayan Publik Tahun 2022 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi .

Keberhasilan Perpusnas masuk dalam daftar 99 Iovasi Pelayanan Publik di Indonesia Tahun 2022 mendapat perhatian dari Kemeterian PANRB sehingga pada tahun 2024  Indonesia diusulkan sebagai Hub Jaringan Inovasi Pelayanan Publik.

Pada tahun 2024 ini Kompetisi Inovasi Pelayan Publik (KIPP) oleh Kementerian PANRB ditunda terlebih dahulu dan kegiatan diganti dengan Pemantauan Kenerlanjutan dan Replikasi Ionovasi Pelayanan Publik. Dasar Pelakasanaan kegiatan Permenpan nomor 9 tahun 2021 pasal 13 yang berbunyi Menteri melakukan pemantauan dan evaluasi pembinaan inovasi secara berkala. 

Tujuan dari Evaluasi adalah 1. mendapatkan informasi terkait capaian program Pembinaan Inovasi Pelayanan Publik (PIPPP) yang telah berjalan 10 tahun (2014-2023). 2. Memberikan apresiasi terhadap instansi pemerintah yang telah melakukan pembinaan inovasi dan mampu menjaga keberlanjutan  inovasi dan melakukan replikasi inovasi pelayanan public. 3. Mendapatkan rekomendasi kebijakan terkait program PIPP ke  depan. 3. Evaluasi terhadap Pembinaan Inovasi Pelayanan Publik di Instansi Pemerintah dikemas dalam kegiatan Pemantauan  Keberlanjutan dan Replikasi Inovasi.

Tahapan dan time line

Februari-Maret. Uji coba instrumen penyusunan Juklak PKRI dan Pengembangan SINOVIK

April-Mei. Self Assesment oleh masing-masing Instansi Pemerintah

Juni-Juli. Penilaian oleh Tim Penilai

Agustus-september. Pendalaman data PKRI menggunakan metode kualitatif dan evaluasi kebijakan Permen 91/2021

Oktober-November. Pengolahan data dan penyusunan rekomendasi kebijakan

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun