Mohon tunggu...
Suharyanto Mallawa
Suharyanto Mallawa Mohon Tunggu... Pustakawan - Pustakawan Perpusnas

Belajar Menulis Kepustakawanan dan Perpustakaan

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Data Digital Indonesia 2024 Berdasarkan DataReportal

10 Maret 2024   19:22 Diperbarui: 10 Maret 2024   19:29 11971
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jumlah pengguna internet di dunia pada tahun 2024 sebanyak 5,35 M atau setara 69,4 % dari jumlah populasi di dunia sebanyak 8,08 M orang. DataReportal pada bulan Januari 2024 menyampaikan keadaan digital di Indonesia pada tahun 2024. Berikut ini adalah beritautama DataReportal yang penting untuk adopsi dan penggunaan digital di Indonesia pada awal tahun 2024:

1. Jumlah Popuasi sebanyak 278,7 juta orang

2. Terdapat 185,3 juta pengguna internet di Indonesia pada awal tahun 2024, dengan penetrasi internet mencapai 66,5 persen dari Total populasi

3. Indonesia memiliki 139 juta pengguna media sosial pada Januari 2024, setara dengan 49,9 persen dari total populasi.

4. Sebanyak 353,3 juta sambungan seluler aktif di Indonesia pada awal tahun 2024, atau setara dengan 126,8 persen dari total penduduk. Satu orang ada yang memiliki 2 atau lebih sambungan seluler aktif

5. Waktu yang dihabiskam dalam mengakses internet selama 7 jam 38 menit dalam sehari

6. Waktu yang dihabiskan dalam mengakses media sosial selama  3 jam 11 menit

7. Waktu yang dihabiskan untuk permainan (games) selama 1 jam 12 menit

Data Reportal 2024
Data Reportal 2024

8. Alasan menggunakan internet: 1. Mencari informasi (83,1%). 2.Berkomunikasi dengan teman dan keluarga (70,9%). 3. Mencari ide dan inspirasi baru (70,6%). 4. Menelusur dan membagikan hal-hal yang umum (62,9%). 5. Mendapatkan/memperbaharui berita dan informasi  terbaru (61,1%). 6. Menonton video, TV, pertunjukkan, dan film (60,6%). 7. Akses dan mendengarkan musik (58,4%). 8. Penelitian mengerjakan sesuatu (48,8%). 9. Penelitian produk dan merek (46,1%). 10. Pertemuan dengan orang baru dan melakukan koneksi baru (41,1%). 11. Penelusuran tempat, lokasi dan wisata(40,8%). 12. Permainan (games) (40,3%). 13. Penelusuran bidang kesehatan dan produk kesehatan (39,1%). 14. Berbagi opini (37,4%). 15. Mengelola keuangan dan tabungan (36,0%).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun