Rencana Program kegiatan Perpusnas dalam Penguatan Perpustakaan Sekolah 2024
Amanah Undang-undang Perpustakaan Nomor 43 Tahun 2007 pasal 23 menyebutkan bahwa l(1) Setiap sekolah/madrasah menyelenggarakan perpustakaan yang memenuhi standar nasional perpustakaan dengan memperhatikan Standar Nasional Pendidikan. (2) Perpustakaan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib memiliki koleksi buku teks pelajaran yang ditetapkan sebagai buku teks wajib pada satuan pendidikan yang bersangkutan dalam jumlah yang mencukupi untuk melayani semua peserta didik dan pendidik. (3) Perpustakaan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mengembangkan koleksi lain yang mendukung pelaksanaan kurikulum pendidikan. (4) Perpustakaan sekolah/madrasah melayani peserta didik pendidikan kesetaraan yang dilaksanakan dingkungan satuan pendidikan yang bersangkutan. (5) Perpustakaan sekolah/madrasah mengembangkanlayanan perpustakaan berbasis teknologi informasi dan komunikasi. (6) Â Sekolah/madrasah mengalokasikan dana paling sedikit 5% dari anggaran belanja operasional sekolah/madrasah atau belanja barang di luar belanja pegawai dan belanja modal untuk pengembangan perpustakaan.
Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) pada tahun 2024 sedang melakukan penataan program dan kegiatan. Ada tiga Program utama yang akan dilaksanakan, yaitu (1) Penguatan Budaya Baca dan Literasi (2) Pengarus-utamaan naskah nusantara (3). Standarisasi dan pembinaan. Â Tiga program utama tersebut didukung dan ditopang dengan kegiatan penguatan kelembagaan mitra dan sinkronisasi sistem layanan terpadu.
Dalam upaya pelaksanaan program pertama dan ketiga didasarkan pada pemetaan perpustakaan sekolah sesuai Standar Nasional Perpustakaan dengan data sebagai berikut
1. Jumlah perpustakaan di Indonesia sampai bulan Oktober.2023 berjumlah 172.277 perpustakaan
2. Jumlah perpustakaan sekolah sebanyak 145.204 perpustakaan (setara dengan 84 %).dari jumlah perpustakaan di seluruh Indonesia.
a. Jumlah perpustakaan SMA,/SMALB/SMK/MA/MA/MAK sederajat sebanyak 20.906 (14 %)
b. Jumlah perpustakaan SMP/SMPLB/MTS sederajat sebanyak 27.467 (19%)
c. Jumlah perpustakaan SD/SDLB/MI sederajat sebanyak 95.818 Â (66%)
d. Jumlah  perpustakaan Pra sekolah 1.013 (1%)
Beri Komentar
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!