Perpustakaan Nasional melalui Pusat Bibliografi dan Pengolahan  Bahan Perpustakaan telah melaksanakan audit internal dan audit eksternal sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 yang diterapkan dalam penyelenggaraan layanan ISBN Tahun 2023. Pelaksanaan Audit Layanan ISBN dipimpin langsung oleh Suharyanto selaku Kepala Pusat dan dukung secara penuh oleh Tim ISBN. Audit ini merupakan upaya Perpusnas untuk terus meningkatkan layanan mutu ISBN.Â
Audit internal dilaksanakan selama dua hari, pada tanggal 31 Agustus dan 4 September 2023, dan menghasilkan 4 ketidaksesuaian dan 6 peluang perbaikan. Keempat ketidaksesuaian yang ditemukan adalah: Â Kriteria kompetensi yang ditetapkan untuk pengelola sistem manajemen mutu tidak sesuai dengan yang dijalankan di lapangan.
 Beberapa dokumen yang mengalami perubahan belum diperbarui di Daftar Dokumen Internal. Keluhan pelanggan yang masuk dalam daftar ketidaksesuaian belum ditindaklanjuti.  Daftar penyedia barang dan jasa tidak tersedia. Semua ketidaksesuaian tersebut telah diperbaiki dan diverifikasi oleh auditor internal.
Pelaksanaan  audit eksternal surveillance 2 sistem manajemen mutu dilaksanakan pada tanggal 14 dan 15 September 2023, dengan dihadiri oleh auditor dari Mutu Institute selaku pemberi sertifikat ISO 9001:2015.  Audit eksternal yang berjalan selama dua hari tersebut menghasilkan 3 peluang peningkatan dan 0 ketidaksesuaian.
Ketiadaan ketidaksesuaian yang ditemukan oleh auditor eksternal ini menunjukkan bahwa pelaksanaan  sistem manajemen mutu di Pusat Bibliografi dan Pengolahan Bahan Perpustakaan dalam penyelenggaraan layanan ISBN sudah cukup baik, dan sesuai dengan pedoman manajemen mutu yang ditetapkan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H