Mohon tunggu...
Suharyanto Mallawa
Suharyanto Mallawa Mohon Tunggu... Pustakawan - Pustakawan Perpusnas

Belajar Menulis Kepustakawanan dan Perpustakaan

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Kiprah dan Prestasi Perpustakaan Nasional 2023

19 Desember 2023   21:25 Diperbarui: 15 Januari 2024   09:21 206
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
 sumber gambar Youtube Ombudsman

Perpustakaan Nasional dalam menjalankan tugas, pokok, dan fungsi dalam urusan pelayanan publik perpustakaan pada tahun 2023 ini  telah menorehkan prestasi yang dinilai oleh pihak eksternal  melalui katagori Indeks Pembangunan Statistik Perpustakaan Nasional yang nilai oleh Badan Pusat Statistik, Indeks Reformasi Hukum yang dikeluarkan oleh Kenterian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik yang dinilai oleh Ombudsman, dan Penyelenggara Pelayanan Publik yang diniliai oleh Menpan RBKementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Capaian semua ini di bawah kepemimpinan Muhammad Syarif Bando, Kepala Perpusnas periode 2016-2023. Berikut capaian prestasi Perpusnas.

1. Indeks Pembangunan Statistik 

Berdasarkan hasil Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) Badan Pusat Statistik Tahun 2023 nilai  Indeks Pembangunan Statistik Perpustakaan Nasional Tahun 2023 adalah 3.52 dengan predikat "Sangat Baik". Disampaiakan oleh BPS pada tanggal 6 November 2023 dengan nomor surat ; B-384.bc/01000/ES/11/2023. Hal : Hasil Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS)

2. Indeks Reformasi Hukum

Berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor M.HH-10.OT.03.01 Tahun 2023 tanggal 17 April 2023 tentang Tim Penilai Indeks Reformasi Hukum pada Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah. Hasil penilaian yang dilakukan, telah disimpulkan hasil Indeks Reformasi Hukum pada Perpustakaan Nasional (PERPUSNAS) tahun 2023 adalah 96.25 dengan kategori AA (ISTIMEWA)

3. Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Ombudsman

Berdasarkan SK Ketua Ombudsman Nomor 418 Tahun 2023 Tentang Hasil Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2023 Tertanggal 14 Desember 2023 Perpustakaan Nasional mendapat penghargaan dengan Nilai 85.71 dengan katagori Zona Hijau, Katagori A opini kualitas tinggi untuk 2 unit penilaian  kerja : 1. Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara. 2. Pusat Bibliografi dan Pengolahan Bahan Perpustakaan.

4. Penyelenggara Pelayanan Publik Menpan RB

Berdasarkan Piagam Penghargaan Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, tanggal 21 November 2023, Perpustakaan Nasional memperoleh penghargaan Penyelenggara Pelayanan Publik Katagori "Sangat Memuaskan (A-)" untuk  3 Unit Kerja di Lingkungan perpustakaan Nasional  : 1. Pusat Pembinaan Pustakawan, 2. Pusat Pengembangan Perpustakaan Umum dan Khusus, dan 3. Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan Proklamator Bung Karno.

 sumber gambar Perpustakaan Nasional
 sumber gambar Perpustakaan Nasional

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun