Menindaklanjuti Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi  Nomor 3 Tahun 2023 tentang perubahan atas Peraturan Menteri Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi  Nomor 25 TAhun 2020 tentang Road Map Reformasi Birokrasi 2020-2024, Perpustakaan Nasional RI menyelenggarakan kegiatan Pembahasan Draf Perubahan Road Map Reformasi Birokrasi 2020-2024. Kegiatan dilaksanakan pada 25 Mei 2023 bertempat di Ruang Teater Perpusnas Jalan Salemba Raya No. 28 A Jakarta.
Kegiatan Diskusi dibuka oleh Suharyanto, selaku Ketua Manajemen Perubahan RB Perpusnas Tahun 2022. Diskusi menghadirkan narasumber  Ummu Nur Hanifah dari KemenPAN RB. Â
Penilaian reformasi birokrasi (RB) kem enterian/lembaga dan pemda per 2023 berfokus tidak hanya pada pembenahan aspek tata kelola pemerintahan/administrasinya saja (problem hulu), tetapi harus lebih berorientasi pada penyelesaian problem hilir masyarakat yang menjadi prioritas pemerintah, yaitu 5 aspek tematik, terdiri dari 1. pengentasan kemiskinan; 2. peningkatan investasi; 3. digitalisasi pelayanan; 4.belanja produk dalam negeri; dan 5. pengendalian inflasi.
Beberapa hal yang telah dilakukan oleh Perpusnas dalam rangka kegiatan Reformasi Birokrasi tahun 2023 adalah:
- Mengadakan pelatihan untuk Agen Perubahan Perpusnas
- Menyusun naskah praktik baik reformasi birkrasi tematik dengan mengajukan inovasi-inovasi di masing-masing unit kerja
- Meyusun draf naskah Road Map Reformasi Birokrasi 2020-2024. Kegiatan ini telah dilakukan dengan 4 kali pembahasan Bersama Tim Sekretariat melibatkan Pustakawan Ahli Utama, pejabat pimpinan madya dan pratama, Agen perubahan dan juga dengan tim RB Perpusnas.
- Mengikuti Kompetinsi Inovasi Pelayan Publik 2023
Beberapa hal yang menjadi catatan adalah:
1.Perpusnas terus menyelesaikan penyusunan perubahan Road Map Reformasi Birokrasi 2020-2024
2. Menyusun rencana akasi RB Tematik tahuin 2023
3. Mengajukan unit kerja untuk pelaksanaan zona integritas
4. Membentuk Tim RB Perpusnas 2023.
Kegiatan Utama yang harus dilakukan oleh Perpusnas dalam rangka Reformasi Birokrasi adalah:
- Penyederhanaan Birokrasi (Penyederhanaan Struktur Organisasi)/transformasi organisasi berbasis kinerja dan agile
- Pelaksanaan Sistem Kerja Baru dengan model fleksibel bagi Pegawai ASN
- Pelaksanaan Arsitektur SPBE Nasional
- Pelaksanaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah yang terintegrasi
- Pembangunan Zona Integritas di unit kerja
- Penguatan implementasi sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP)
- Penguatan Pengelolaan Pengaduan Masyarakat
- Penguatan Upaya Pencegahan Korupsi
- Pelaksanaan Pembentukan Peraturan Perundangan-undangan
- Pelaksanaan Arsip Digital
- Penataan Jabatan Fungsional
- Pengelolaan Kinerja Pegawai ASN
- Pelaksanaan Core Values ASN
- Pelaksanaan Pelayanan Publik Prima
Pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Perpustakaan Nasional RI melibatkan seluruh pegawai yang ada di lingkungan Perpusnas RI yang berada di Jakarta, Kota Blitar, Jawa Timur dan Kota Bukittinggi Sumatera Barat
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H