Mohon tunggu...
Suharyanto Mallawa
Suharyanto Mallawa Mohon Tunggu... Pustakawan - Pustakawan Perpusnas

Belajar Menulis Kepustakawanan dan Perpustakaan

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan

10 Capaian Perpustakaan Nasional 2021

14 Mei 2022   14:25 Diperbarui: 14 Mei 2022   14:30 375
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto : Dokumentasi Pribadi. Gedung Utama Perpusnas Salemba

Tulisan ini merupakan rangkaian dari 17 Seri peringatan 42 Tahun Perpustakaan Nasional, 17 Mei  1980-2022 #5 Capaian Perpustakaan Nasional.  

Perpustakaan Nasional adalah lembaga pemerintah non departemen (LPND) yang melaksanakan tugas pemerintahan dalam bidang perpustakaan yang berfungsi sebagai

  1. Perpustakaan pembina  : Melaksanakan pembinaan berbagai jenis perpustakaan sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan
  2. Perpustakaan rujukan : Menyediakan bahan rujukan berbagai bidang ilmu pengetahuan
  3. Perpustakaan deposit : Menghimpun seluruh terbitan berupa karya cetak dan karya rekam
  4. Perpustakaan penelitian : Menyediakan fasilitas penelitian untuk berbagai bidang ilmu pengetahua
  5. Perpustakaan pelestarian  : Pelestarian/preservasi seluruh karya budaya dan intelektual anak bangsa untuk dilestarikan
  6. pusat jejaring perpustakaan : Pusat jejaring seluruh perpustakaan untuk membangun repositori pengetahuan nasional

Dalam upaya peningkatan kinerja Perpustakaan Nasional  tidak terlepas dari tujuan dan sasaran strategis perpustakaan nasional tahun 2020-2024. Tujuan pembangunan perpustakaan adalah  "Penguatan budaya literasi, inovasi dan kreativitas dengan pemanfaatan perpustakaan bagi terwujudnya masyarakat pembelajar sepanjang hayat, ditandai dengan meningkatnya nilai budaya literasi dari 55,03 (base line 2019) menjadi 71,0 tahun 2024. Sasaran strategis adalah 

Terwujudnya pembangunan literasi dan kegemaran membaca masyarakat ditandai dengan meningkatnya indeks pembangunan literasi dan kegemaran membaca dengan indikator : Nilai kegemaran membaca dari 53,84 (baseline 2019) menjadi 71,30 tahun 2024. Indeks pembangunan literasi masyarakat dari 10,2 (Baseline 2019) menjadi 15,00 tahun 2024.

Berikut ini adalah kiprah dan peran Perpustakaan Nasional dalam tahun 2021 yang dituangkan dari 10 capaian Perpustakaan Nasional (data dikutip dari Biro Hukum, Organisasi, Kerjasama, dan Hubungan Masyarakat. Perpustakaan Nasional)

  1. Perpustakaan Nasional mendapat opini laporan keuangan WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) 5 tahun berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan RI, yaitu tahun 2016, 2017, 2018, 2019, dan 2020,
  2. Perpustakaan Nasional meraih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2021 Kategori Non Kementerian sebagai Badan Publik Informatif dengan skor 93,73. Diberikan oleh Komisi Informasi Pusat pada tanggal 26 Oktober 2021
  3. Perpustakaan Nasional memenuhi sertifikasi sistem manajemen mutu SNI ISO 9001:2015 dalam menerapkan standar kualitas layanan kepada masyarakat. Termasuk didalamnya untuk pelayanan ISBN
  4. Perpustakaan Nasional menjadi penerima penghargaan JDIHN Awards 2021 sebagai Anggota Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Terbaik kategori Lembaga. Diberikan oleh Kementerian Hukum dan HAM pada tanggal 2 Desember 2021
  5. Perpustakaan Nasional memperoleh Nilai Pengawasan Hasil Kearsipan sebesar 89,16 dengan kategori A (Memuaskan), naik sebesar 8,97 poin dari penilaian sebelumnya.
  6. Perpustakaan Nasional menjadi penerima penghargaan dengan masuk dalam 10 besar Penialian Penggunaan Bahasa Indonesia di Media Sosial Kementerian/Lembaga.
  7. Perpustakaan Nasional mencapai Indeks Reformasi Birokrasi Sangat Baik (BB) dengan skor 74,01 pada hasil evaluasi Kementerian PAN-RB tahun 2020. Sedangkan pada tahun 2021 Indeks Reformasi Birokrasi di Perpustakaan Nasional adalah 76.92 dengan katagori "BB" Sangat Baik.
  8. Perpustakaan Nasional menerima skor Indeks Pelayanan Publik sebesar 4,02 kategori Sangat Baik (BB). Naik sebesar 0,29 poin dari penilaian sebelumnya.
  9. Perpustakaan Nasional mengantongi skor Tingkat Kepuasan Pemustaka sebesar 3,61 dari skala 4 dengan kategori Sangat Baik. Skor tersebut sama dengan tahun sebelumnya. Kajian kepuasan pemustaka layanan Informasi perpustakaan nasional Tahun 2021 Periode 3 -- September 2021 yang dilakukan oleh Perpustakaan Nasional, secara keseluruhan  indeks kepuasan pemustaka Perpusnas periode ketiga tahun 2021 ini sebesar 3,61. Indeksnya meningkat 0,01 dibandingkan dengan periode kedua tahun 2021. Berdasarkan kriteria PermenPAN RB Nomor 14 Tahun 2017 nilai tersebut masuk dalam kategori Sangat Baik. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun ada dalam masa pandemi, tidak menjadi penghalang Perpusnas untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada para pemustaka.
  10. Perpustakaan Nasional meraup skor 258 dengan kategori Baik dalam penerapan Sistem Merit yang diberikan oleh Komisi Aparatur Sipil Negara. Anugerah Meritokrasi merupakan Penghargaan Penerapan Sistem Merit bagi Instansi Pemerintah. Diberika di Surabaya, 7 Desember 2021.

Sumber tulisan

10 Capaian Perpustakaan Nasional 2021. Biro Hukum, Organisasi, Kerjasama, dan Hubungan Masyarakat. Perpustakaan Nasional

Renaca Strategis Perpustakaan Nasional 2020-2024

Undang-undang Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun