Â
PengantarÂ
Tulisan ini merupakan rangkaian dari  17 seri  peringatan  42 Tahun Perpustakaan Nasional, 17 Mei, 1980-2022 : #2 Sinovik dan Perpustakaan
                      Â
SINOVIK adalah Sistem Informasi Inovasi Pelayanan Publik berupa website resmi sebagai digitalisasi Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP). SINOVIK memfasilitasi penyelenggara dan peserta dalam proses pendaftaran hingga pengumuman Kompetensi Pelayanan Publik (KIPP).  Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP)  yang selanjutnya disebut Kompetisi adalah kegiatan penjaringan, seleksi, penilaian, dan pemberian penghargaan yang diberikan kepada Inovasi  yang dilakukan oleh kementerian/lembaga, pemerintah  daerah, badan usaha milik negara, dan badan usaha milik daerah.
Pelaksanaan kegiatan KIPP diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2021 Tentan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Di Lingkungan  Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara, dan Badan Usaha Milik Daerah. KIPP pertama kali dilaksanakan pada tahun 2014.
KIPP merupakan salah satu langkah strategis pemerintah dalam menjaring praktik terbaik pelayanan publik. Inovasi milik instansi pemerintah, BUMN, dan BUMD yang didaftarkan dalam KIPP tentunya bertujuan untuk peningkatan kualitas pelayanan publik dalam memberikan layanan kepada masyaakat.
Inovasi Pelayanan Publik yang selanjutnya disebut Inovasi  adalah terobosan jenis pelayanan publik baik yang  merupakan gagasan/ide kreatif orisinal dan/atau  adaptasi/modifikasi yang memberikan manfaat bagi  masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung.
Persyaratan Inovasi yang diikutsertakan dalam Kompetisi yaitu:
a. memenuhi seluruh kriteria Inovasi;