Ya Allah, kayakanlah aku dengan ilmu, hiasialah aku dengan kesabaran, muliakanlah aku dengan ketaqwaan, dan baguskankah aku dengan pemaafan. (Imam Al Ghozali)
Tulisan ini akan membahas tentang jejak langkah pemikiran Imam Al-Ghazali dalam filsafat Pendidikan. Tujuan tulisan ini adalah untuk mengetahui (1) riwayat singkat Imam Al-Ghozali (2) pemikiran-pemikiran Imam Al-Ghozali.
Metode yang digunakan dalam tulisan adalah melalui studi literatur dari buku-buku dan karya tulis yang berkaitan dengan Imam Al-Ghazali. Â Tulisan dibagi menjadi 4 bagian, yaitu (1) Riwayat singkat Al-Ghzali (2) Karya-karya Al-Ghazali (3) Pemikiran Al Ghazali dalam filsafat Pendidikan (4) Studi literatur koleksi Al-Gozali, Â dan (5) Penutup.
Kata kunci : Al-Ghazali, filsafat, pemikiran, koleksi
Pengantar
Imam Al-Ghozali merupakam seorang filsuf Islam yang sangat terkenal, dalam masa kehidupan dihabiskan untuk belajar, mengajar, meneliti, dan bahkan selama hampir sepuluh tahun melakukan uzlah dan khalwat.Â
Imam Al-Ghazali telah mewarnai dunia pendidikan pada masanya dan juga sampai saat ini,  dengan menghasilkan kitab dalam berbagai disiplin ilmu pengetahuan. Salah satu karyanya yang paling terkenal adalah "Kitab Ihya Ukumuddi" yang telahb diterjemahkan ke berbagai bahasa di dunia. Imam Al-Ghozali mengklasifikasikan  kaum filsuf dalam tiga golongan, yaitu dahriyun, thabi'iyyun, dan Ilahiyun.
9 (Sembilan) Riwayat Singkat Imam Al-Ghozali
Imam Al-Ghozali memili nama asli Muhammad bin Muhammad bin Muhammad bin Ahmad al-Thusni. Â Dan diberi gelar nama julukan (kunyah) Abu Hamid Al-Ghazali. Lahir pada tahun 450 H/1058 H di Khusi, Khurasan (Iran). Dan wafat pada tahun 505 H/1111 M.Â