Mohon tunggu...
Malika Vanya S.R
Malika Vanya S.R Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Treat people the way you want to be treated.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Perkembangan Pendidikan di Indonesia: Analisis Positivistik Menurut Teori Auguste Comte

12 Januari 2024   13:48 Diperbarui: 12 Januari 2024   13:51 74
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Perkembangan Pendidikan di IndonesiaSeiring berjalannya waktu, perkembangan pendidikan di Indonesia menjadi fokus utama upaya kemajuan dan pembangunan nasional. Ketika mempertimbangkan hubungan kekuasaan ini, kita dapat menerapkan pendekatan analitis positivis yang dirancang oleh filsuf Perancis Auguste Comte. Teori positivis Comte menekankan pentingnya observasi empiris dan penelitian ilmiah dalam memahami dan memperbaiki masyarakat.

Dalam kerangka positivis, pertama-tama kami merinci data dan statistik terkini perkembangan pendidikan Indonesia. Pemahaman terhadap bukti empiris menunjukkan seberapa besar kemajuan yang telah dicapai baik dari segi akses maupun kualitas dan relevansi pendidikan.  Comte menekankan perlunya memasukkan ilmu pengetahuan ke dalam perumusan kebijakan sosial dan tindakan sosial. Dalam konteks pendidikan Indonesia, prinsip ini dapat diterapkan dengan mengkaji penelitian akademis terkini dan menyesuaikannya dengan kebijakan pendidikan nasional. Dengan cara ini, kebijakan pendidikan dapat didukung oleh bukti ilmiah yang kuat.

Menurut Comte, sosialisasi ilmu pengetahuan merupakan kunci terbentuknya masyarakat  maju. Dalam konteks ini, kita bisa menilai sejauh mana keberhasilan pendidikan  dalam mendiseminasikan ilmu pengetahuan kepada masyarakat. Peningkatan kualitas guru, akses terhadap sumber daya pendidikan, dan pengembangan kurikulum yang relevan merupakan aspek penting untuk mencapai tujuan tersebut.

Pengamatan positivis juga mencakup pemahaman tentang hukum-hukum sosial yang menentukan perkembangan pendidikan. Misalnya, analisis positivis mungkin mempertimbangkan efektivitas kebijakan pendidikan, peran lembaga pendidikan, dan dampak sosial dari perubahan sistem pendidikan.

Terakhir, evaluasi positivis juga mencakup peran teknologi dan inovasi dalam meningkatkan pendidikan. Comte menekankan perlunya memanfaatkan teknologi untuk memajukan masyarakat. Dalam konteks pendidikan Indonesia, dapat dinilai sejauh mana pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran daring, platform pendidikan digital, dan inovasi  lainnya telah meningkatkan efisiensi dan aksesibilitas pendidikan.

Memperoleh wawasan lebih dalam mengenai perkembangan pendidikan di Indonesia melalui analisis positivis berdasarkan teori Auguste Comte. Harapannya, dengan menggunakan pendekatan empiris dan ilmiah, kita dapat menciptakan kebijakan pendidikan yang lebih efektif dan sesuai dengan kebutuhan zaman, sehingga mengarah pada masyarakat yang lebih berpendidikan tinggi dan progresif.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun