Mohon tunggu...
Malik Anwar
Malik Anwar Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada

Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling banyak manfaatnya bagi manusia lainnya (HR. Ahmad)

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Menilik Perkembangan dan Pengaruh Gerakan Islam Sayap Kanan di Indonesia

27 Maret 2021   19:11 Diperbarui: 27 Maret 2021   19:14 231
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: bbc.com

Akhir-akhir ini masyarakat Indonesia yang sebagian besar menganut agama Islam seolah-olah digiring ke dalam suatu hegemoni politik rekognisi yang terkadang membuat umat muslim menjadi terpecah belah. 

Dalam konteks Indonesia, gejala dinamika umat Islam secara laten terus berkembang dan kian mengakar kuat di setiap lapisan masyarakat. 

Jauh sebelum berkembangnya Islamic State of Iraq and Suriah (ISIS) ataupun Jamaah Anshoru Daulah yang menegasikan negara-bangsa dan terasosiasi ke dalam sebuah komunitas lintas-batas territorial pada era kontemporer, meskipun lingkupnya bersifat local-nasional gerakan Negara Islam Indonesia (NII) sudah berkembang sejak era kemerdekaan. 

Bangkitnya global ummah, konservatisme Islam, maupun populisme Islam di Indonesia sebagai implikasi dari keterbukaan demokrasi dan budaya masyarakat, semakin membuat dinamika gerakan Islam sayap kanan sulit untuk didikte.

Hal ini merupakan suatu strategi untuk mengukuhkan politik rekognisi gerakan tersebut sekaligus repons ketidakpuasan itu terhadap sistem demokrasi ataupun tokoh penting di balik sistem demokrasi tersebut (presiden, menteri, dsb).

Dalam perkembangannya saat ini, strategi perjuangan dari yang awalnya hanya sebatas meluapkan aksi reaksionernya dengan turun ke jalan, sekarang hal itu lebih bersifat visioner, yakni berpartisipasi dalam syariatisasi konstitusi negara (Hiariej dkk, 2017, 306). 

Pada akhir 2016, setelah terjadinya gerakan 212 yang melibatkan umat muslim yang waktu itu berkumpul di Monas sebanyak enam juta jiwa, atas kejadian peristiwa monumental tersebut proyek islamisasi semakin menunjukan eksistensinya sekaligus membuka tabir baru dalam dinamika perpolitikan di Indonesia. 

Sejak saat peristiwa monumental itulah, umat Islam sebagai entitas agama populis di negeri ini semakin menguat dan peranan partai politik sebagai representasi rakyat semakin terabaikan (Fealy, 2016). 

Peristiwa tersebut dibuktikan dengan munculnya aktor-aktor politik baru yang lahir dari gerakan tersebut seperti Habib Rizieq Shihab, Bachtiar Natsir, Haikal Hassan, Slamet Ma'arif dan Zaitun Rasmin yang bukan hanya mampu menjadi magnet penggerak kalangan populis Islam, melainkan menjadi figur baru pemimpin alternatif di luar lingkungan elit partai politik. 

Sebaliknya, dalam beberapa kasus baik itu di Pilkada  dalam beberapa kasus maupun di Pilpres, elit Gerakan 212 ikut dilibatkan oleh partai politik guna mendongkrak suara massa (Fealy, 2016). 

Dalam konteks politik kewargaan, fenomena Gerakan 212 bukan sebatas hanya menunjukan kebangkitan populisme Islamm melainkan juga menggebrak kemapanan oligarki elit dalam mengkooptasi ruang politik dan institusi negara dari yang bersifat relasi patron-klien kea rah relasi populis massa. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun