Tulisan ini sebenarnya agak terlambat, lantaran ingin penulis buat beberapa hari menjelang lebaran itu ternyata baru sekarang bisa dilakukan. Tapi bagaimanapun juga tulisan ini mewakili perasaan penulis sendiri selaku pengguna listrik, dan berharap konsumen lain juga mengalami pelayanan yang relatif sama. Mereka sudah berlangganan, membayar dan mendapatkan layanan listrik yang layak. Tidak terjadi pemadaman terus menerus yang membuat para konsumennya resah dan gelisah.
Ramadhan dan Lebaran biasanya dipenuhi oleh umpatan dan unjuk rasa (protes) dari konsumen PLN, khususnya di wilayah Lampung yang biasanya kalau bulan Ramadhan dan Lebaran tiba listrik byar pet alias mengalami pemadaman secara bergiliran. Pemadaman yang biasanya terjadi menjelang berbuka puasa, santap sahur dan memasuki malam takbir, tahun ini ternyata tidak terjadi. Oleh karena itu, selaku konsumen, penulis di sini mengucapkan terima kasih sedalam-dalamnya kepada PLN khususnya regional Lampung yang telah mendengar keluhan konsumennya. PLN yang sedianya harus mencukupi semua kebutuhan pelanggan, ternyata sampai sejauh ini sudah memberikan pelayanan yang lebih baik.
Sebelum ini, setahun yang lalu dan pernah pula keluhan pemadaman listrik penulis sampaikan di kompasiana, yang mana hampir setiap malam mengalami pemadaman, telat-telatnya dua hari sekali dari pukul enam sore sampai pukul sembilan atau sepuluh malam selalu saja mewarnai hari-hari kami. Dan anehnya meskipun pemadaman terjadi terus, pihak pengelola tidak juga merespon dengan baik. Makanya di beberapa daerah banyak terjadi demonstrasi menuntut kejelasan layanan listrik, dan aksi masyarakat itu dijawab oleh PLN dengan kata "PLN Merugi".
Dan sudah pasti alasan itu membuat konsumen esmosi atau naik pitam karena selama ini mereka membayar. Seandainya mereka terlambat membayar maka sudah dapat dipastikan mereka mendapat denda. Denda pun dibayarkan dengan lunas, lantaran jika tidak dibayar maka instalasi listrik pun akan dicabut. Dan konsumen hanya meratapi nasib. Mereka sudah membayar tapi listrik padam terus, ketika listrik padam ternyata biaya beban bulanan masih juga harus dibayarkan.
Layanan Listrik Semakin Baik Berkat Prabayar (Token)
Mungkin dan boleh jadi ada benarnya bahwa beberapa tahun yang lalu PLN mengalami kerugian, karena bagaimanapun juga namanya instalasi itu mudah sekali mengalami kerusakan dan yang paling mudah terjadi adalan pencurian arus listrik.Â
Di daerah Jakarta dan Lampung sendiri sering diadakan razia pencurian listrik dan terbukti beberapa warga memasang dan menikmati arus listrik melalui cara-cara yang curang. Mereka mencuri dari kabel utama dengan risiko kebakaran. Tak habis di situ karena kabel instalasi yang digunakan kebanyakan tidak layak.
Entah karena ulah oknum karyawan PLN sendiri yang ingin mengambil keuntungan, atau masyarakat sendiri yang sengaja memanfaatkan kelemahan petugas demi menikmati arus listrik secara gratis.Â
Namun tidak menafikan bahwa kerugian listrik terjadi juga lantaran banyak konsumen yang enggan membayar. Bahkan ada yang lumayan aneh meskipun mereka menunggak membayar ternyata tidak mau mau menerima konseksuensi dicabutnya instalasi listrik. Pernah suatu ketika ketika salah satu warga yang instalasinya hendak diputus ternyata justru melakukan ancaman kepada petugas. Jadi hingga beberapa saat akhirnya petugas menggunakan jasa keamanan agar tugasnya dapat dilakukan.
Begitu pula dengan adanya program pulsa token listrik pra bayar yang digagas pemerintah, ternyata sampai sejauh ini sudah memberikan manfaat bagi pengguna, misalnya konsumen bisa mengontrol penggunaannya. Selain itu mereka akan benar-benar menikmati kuota listrik sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Meskipun berat tapi cara ini ternyata cukup efektif untuk meminimalisir penggunaan listrik yang berlebih-lebihan. Dan tentu saja karena penggunaan listrik mudah dikontrol maka pencurian arus menjadi amat sulit dilakukan. Walaupun tidak menutup kemungkinan kejahatan pencurian arus listrik tetap saja bisa dilakukan. Secara gitu loh jaman sekarang mana ada yang tidak bisa dimanipulasi dan dicuri. Jaman yang serba canggih memunggkin setiap orang jahat ingin melancarkan aksinya demi mendapatkan keuntungan.
Yang pasti, bersyukur sekali kepada Allah atas nikmat listrik ini, dan berterima kasih kepada pemimpin negeri serta jajaran pemerintahan dan wakil rakyat yang bersedia memikirkan kebutuhan rakyatnya, terutama berkaitan dengan kebutuhan listrik saat ini. Terima kasih yang sedalam-dalamnya penulis sampaikan semoga amal ibadah semua yang dilakukan mendapatkan balasan kebaikan yang setimpal. aamiin
Semoga di tahun-tahun berikutnya pemadaman listrik semakin diminimalisir dan layanan listrik bisa merasuki wilayah-wilayah pedesaan terpencil yang sampai saat ini sulit mendapatkan fasilitas listrik. Dan tentu saja, semakin sedikit kerugian PLN dengan tingkat kedisiplinan konsumen serta minimnya pencurian listrik akan mengurangi biaya pulsa, sehingga lambat laun harga arus listrik permeter semakin murah.
Salam
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H