Di era digital yang semakin berkembang, media sosial telah menjadi salah satu alat yang paling berpengaruh dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam dunia bisnis. Salah satu platform media sosial yang saat ini sedang populer adalah TikTok. Seperti yang kita ketahui TikTok merupakan platform media sosial berbagi video yang semakin populer, telah menjadi jendela baru bagi banyak orang untuk mengekspresikan diri dan berinteraksi dengan pengguna lain di seluruh dunia. Namun, apa yang mungkin tidak diketahui banyak orang adalah potensi besar yang dimiliki TikTok sebagai sarana berwirausaha. Terlebih lagi semenjak munculnya fitur baru yaitu TikTok shop tepatnya pada 17 April 2021, TikTok Indonesia resmi meluncurkan fitur baru bernama TikTok Shop. Fitur ini merupakan social commerce yang menjangkau penjual, pembeli, dan kreator untuk pengalaman berbelanja yang lancar, menyenangkan, dan nyaman. Fitur ini memberikan peluang bagi brand dan seller untuk mengembangkan bisnisnya dengan mendistribusikan konten video pendek dan fitur live shopping di akun TikTok bisnisnya atau dengan berkolaborasi dengan kreator. Terbukti dari hasil data internal perolehan llaman The Information mengatakan bahwa, di tahun 2022 Gross Merchandise Volume (GMV) atau nilai total barang pada transaksi TikTok Shop di Asia Tenggara mengalami peningkatan hingga empat kali lipat sebesar US$ 4.4 miliar atau sekitar Rp66.7 triliun. Peningkatan ini dihasilkan berkat fitur TikTok Shop yang memberikan pengalaman jual beli yang lebih nyaman bagi penggunanya. Di mana pengguna TikTok dapat melakukan transaksi secara langsung di aplikasi tersebut, bahkan penjual tidak hanya memasarkan produknya saja namun dapat menjual produknya langsung di aplikasi TikTok.
Cara efektif memasarkan produk di platform tiktok
Dengan adanya banyak fitur yang tersedia di platform TikTok, dapat memungkingkan para penggunanya untuk melakukan kegiatan berwirausaha dengan cara memasarkan produk yang mereka jual dalam bentuk video pendek maupun dengan menggunakan live streaming. Berikut merupakan beberapa Berikut adalah beberapa cara efektif untuk memasarkan produk di platform TikTok:
1. Buat Konten Menarik dan Kreatif
Konten adalah kunci di TikTok. Pastikan konten Anda menarik, kreatif, dan menghibur. Gunakan musik yang populer, tantangan, atau tren yang sedang viral untuk menarik perhatian pengguna. Berikan nilai tambah atau informasi yang berguna dalam konten Anda, tetapi juga tetap menghibur agar menarik minat pengguna.
2. Kenali Target Audiens
Perhatikan siapa audiens target Anda di TikTok. Kenali demografi dan minat mereka agar dapat menyajikan konten yang sesuai. Anda dapat menggunakan alat analitik TikTok untuk memahami audiens Anda dengan lebih baik dan mengoptimalkan strategi pemasaran Anda.
3. Gunakan Hashtag yang Relevan: Hashtag adalah cara yang efektif untuk meningkatkan visibilitas konten Anda di TikTok. Gunakan hashtag yang relevan dengan produk atau niche Anda. Selain itu, ikuti tren hashtag yang sedang populer dan ciptakan konten yang relevan dengan tren tersebut.
4. Kolaborasi dengan Kreator Konten atau Influencer
Mencari kolaborasi dengan kreator konten atau influencer yang memiliki audiens yang relevan dengan produk Anda dapat membantu meningkatkan jangkauan dan kepercayaan pelanggan. Cari kreator konten atau influencer yang memiliki gaya atau nilai yang sejalan dengan merek Anda, dan ajukan proposal kolaborasi yang saling menguntungkan.