Teori Belajar Sosial Albert Bandura: Memahami Perilaku Melalui Observasi
Teori belajar sosial yang dikembangkan oleh Albert Bandura merupakan salah satu teori penting dalam psikologi yang menjelaskan bagaimana manusia belajar dari lingkungannya. Teori ini menekankan bahwa manusia tidak hanya belajar melalui pengalaman langsung, tetapi juga melalui observasi terhadap perilaku orang lain, baik secara langsung maupun melalui media.
Konsep Utama Teori Belajar Sosial
Teori ini mengintegrasikan elemen-elemen kognitif, perilaku, dan lingkungan dalam proses pembelajaran. Ada beberapa konsep kunci dalam teori belajar sosial Bandura:
1. Pembelajaran Observasional (Observational Learning)
Individu dapat mempelajari perilaku baru hanya dengan mengamati orang lain. Proses ini melibatkan empat tahap:
Atensi (Attention): Individu harus memperhatikan perilaku model. Faktor seperti ketertarikan atau relevansi perilaku memengaruhi tingkat perhatian.
Retensi (Retention): Informasi yang diamati harus disimpan dalam ingatan untuk digunakan di kemudian hari.
Reproduksi (Reproduction): Individu mencoba meniru perilaku yang diamati, dengan mempertimbangkan kemampuan fisik dan mentalnya.
Motivasi (Motivation): Individu akan mereproduksi perilaku jika ada insentif atau alasan untuk melakukannya, seperti penghargaan atau menghindari hukuman.
2. Modeling