RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) merupakan salah satu komponen penting dalam proses pembelajaran. RPP berfungsi sebagai panduan bagi guru dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara lengkap tentang RPP dan cara pembuatannya atau Cara Membuat RPP yang baik dan benar. Mari kita mulai!Â
Pengertian RPP
RPP adalah singkatan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. RPP merupakan dokumen yang dibuat oleh guru sebagai panduan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. RPP dikembangkan berdasarkan silabus dan bertujuan untuk mencapai kompetensi yang telah ditetapkan dalam Kurikulum [3].
 Tujuan RPP
Tujuan utama dari Cara pembuatan RPP adalah untuk memastikan bahwa kegiatan pembelajaran berjalan dengan terarah dan sesuai dengan tujuan Kompetensi Dasar (KD) yang telah ditetapkan. RPP juga membantu guru dalam merencanakan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik [1].
Prinsip-prinsip Pembuatan RPP
Dalam Cara Membuat RPP, terdapat beberapa prinsip yang perlu diperhatikan, antara lain:
- Memperhatikan perbedaan individu peserta didik: RPP disusun dengan memperhatikan perbedaan jenis kelamin, kemampuan awal, tingkat intelektual, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan lingkungan peserta didik [1].
- Mendorong partisipasi aktif peserta didik: Proses pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik untuk mendorong motivasi, minat, aktivitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, dan semangat belajar [1].
Komponen RPP
RPP terdiri dari beberapa komponen yang harus diisi dengan baik dan benar. Berikut adalah komponen-komponen yang ada dalam RPP:
- Identitas RPP: Meliputi nama sekolah, mata pelajaran, kelas, semester, dan waktu pelaksanaan pembelajaran.
- Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD): Menjelaskan tentang tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
- Indikator Pencapaian Kompetensi: Merupakan petunjuk yang menggambarkan tingkat pencapaian kompetensi yang diharapkan.
- Materi Pembelajaran: Merupakan materi yang akan diajarkan kepada peserta didik.
- Langkah-langkah Pembelajaran: Merupakan tahapan-tahapan yang harus dilakukan dalam proses pembelajaran.
- Penilaian: Merupakan metode atau instrumen penilaian yang digunakan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik.
- Sumber Belajar: Merupakan referensi atau bahan bacaan yang digunakan dalam pembelajaran.
- Media Pembelajaran: Merupakan alat atau media yang digunakan dalam proses pembelajaran [3].
Cara Membuat RPP