Mohon tunggu...
Myeisha Humaira Fauziah
Myeisha Humaira Fauziah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

working in progress

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa PSTI UPI Purwakarta Berkesempatan Magang di BRIN Bandung

20 Desember 2022   08:00 Diperbarui: 20 Desember 2022   08:15 465
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada tahun ini Program Studi Pendidikan Sistem dan Teknologi Informasi (PSTI) UPI Kampus Daerah Purwakarta mengadakan program magang untuk para mahasiswanya yang berada di semester lima. Program magang ini bertujuan agar para mahasiswa mendapatkan pengalaman kerja di perusahaan ataupun instansi, bisa mempraktekan ilmu yang sudah di dapatkan selama perkuliahan dan juga dapat mengasah soft skill dan hard skill mahasiswanya. Mahasiswa diberi kebebasan untuk memilih perusahaan/instansi yang sesuai dengan minat, bakat dan kemampuannya masing-masing. 

Saya sebagai salah satu mahasiswa Program Studi PSTI mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan program magang di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Kota Bandung. BRIN ini adalah lembaga pemerintahan nonkementerian yang bertanggung jawab kepada Presiden yang bertugas untuk menjalankan penelitian, pengembangan, pengkajian dan penerapan, serta invensi dan inovasi yang terintegrasi. 

Saya melaksanakan program magang di BRIN selama tiga bulan dengan kegiatan magang berfokus di merancang dan mendesain perangkat lunak (software). Dengan jangka waktu tersebut saya mencoba untuk merancang sebuah sistem monitoring online untuk paparan radiasi yang ada di laboratorium radioisotop dan senyawa bertanda (RISB). Sistem ini dirancang agar dapat membantu kegiatan monitoring paparan radiasi para pekerja sehingga para pekerja tidak perlu melakukan monitoring secara manual lagi. Selain itu juga sistem ini dapat membantu untuk mempercepat proses penyebaran informasi.

Hal-hal yang perlu saya lakukan untuk merancang sistem ini adalah pertama-tama saya harus membuat rencana pembuatan sistem kemudian pencarian referensi melalui berbagai sumber, menganalisis kebutuhan apa saja yang diperlukan untuk membuat sistem, membuat use case diagram agar bisa menggambarkan fungsi dari sistem, membuat context diagram untuk menjelaskan aliran data input dan output sistem dan juga mendesain tampilan aplikasi. Selama proses perancangan sistem ini saya diarahkan oleh pembimbing industri dan juga dosen pembimbing saya. 

Dokpri
Dokpri

Dengan mengikuti program magang ini saya belajar banyak hal baru mengenai dunia kerja dan bagaimana proses perancangan sebuah sistem. Saya belajar untuk bisa menganalisis dan menyelesaikan masalah, meningkatkan keterampilan kerja, melatih soft skill dan hard skill, beradaptasi dengan lingkungan dan masih banyak lagi yang sudah saya dapatkan. Saya harap semua hal berharga yang sudah didapatkan selama magang dapat bermanfaat saat saya mulai memasuki dunia kerja nanti.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun