Mohon tunggu...
Maimai Bee
Maimai Bee Mohon Tunggu... Novelis - Penulis

Hai. Saya Maimai Bee, senang bisa bergabung di Kompasiana. Saya seorang ibu rumah tangga yang mempunyai tiga orang putra. Di sela waktu luang, saya senang membaca dan menulis. Salam kenal.

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Rekonsiliasi (4-Tamat)

31 Januari 2023   13:03 Diperbarui: 31 Januari 2023   13:10 113
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"Tidak, Om Broto pergi merantau tepat pada hari pernikahan mama. Ia baru pulang setelah mengetahui papaku meninggal. Mereka kembali berpacaran dan menikah, lalu Om Broto membawa kami pindah ke Jakarta ini. Usiaku enam belas tahun saat itu."

"Apakah Om Broto mengetahui mamamu hamil?"

Kau kembali menggeleng.

"Katanya tidak. Ia baru tahu setelah menikah dengan mama. Mereka diam-diam melakukan tes DNA itu. Mereka mencocokkannya dengan rambutku di sisir di kamarku. Mereka sepakat merahasiakannya dariku."

"Mungkin ada alasan tertentu," gumamku tak yakin.

"Katanya mereka tak ingin membuatku oleng," balasmu sedikit gusar.

Aku tertawa kecil.

"Setahun ini kuhabiskan dengan introspeksi diri. Jiwaku bergejolak, antara pro dan kontra. Saat itu, aku membiarkan Om Broto pulang tanpa berkata apa-apa. Kini aku memutuskan untuk bersikap dewasa. Aku memiliki sepasang orangtua kandung, masih hidup. Mereka bahagia, saling mencintai. Seharusnya aku bersyukur. Nikmat mana yang telah kudustakan?"

Aku tak menyahut.

Suasana menjadi hening sesaat. Pikiranku mengembara tak bertepi.

"Kina, maukah kau ... menikah denganku?" tanyamu tiba-tiba. Kau menarik kedua tanganku dan menatapku tegang. Tanganmu terasa sedingin es.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun