Mohon tunggu...
Maia Rahmanindia P.J
Maia Rahmanindia P.J Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Unesa Negeri Surabaya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Penggunaan Bahasa Indonesia di Ruang Publik: Meningkatkatkan Motivasi Belajar

27 Maret 2024   19:35 Diperbarui: 27 Maret 2024   20:09 111
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bahasa Indonesia merupakan bahasa resmi negara Indonesia yang memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Sebagai alat komunikasi yang digunakan dalam berbagai situasi, baik formal maupun informal, penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar sangatlah penting. Salah satu tempat di mana penggunaan Bahasa Indonesia sering kali menjadi sorotan adalah di ruang publik. Ruang publik merupakan tempat di mana interaksi antarindividu terjadi secara bebas, sehingga penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar di ruang publik dapat meningkatkan kualitas komunikasi antarindividu. 

Dalam konteks pendidikan, guru bimbingan dan konseling memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Guru bimbingan dan konseling tidak hanya bertugas memberikan konseling kepada siswa yang mengalami masalah pribadi, tetapi juga memiliki peran dalam membimbing siswa dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk penggunaan Bahasa Indonesia. Dengan bantuan guru bimbingan dan konseling, siswa dapat belajar untuk menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar, terutama di ruang publik. 

Meningkatkan motivasi belajar merupakan salah satu tujuan utama pendidikan. Motivasi belajar yang tinggi dapat meningkatkan prestasi akademik siswa, serta membantu mereka mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan. Salah satu faktor yang dapat meningkatkan motivasi belajar adalah lingkungan belajar yang kondusif, termasuk penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar di ruang publik. Dengan memperhatikan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, siswa akan merasa lebih percaya diri dalam berkomunikasi, sehingga motivasi belajar mereka akan meningkat. 

Dengan demikian, peran guru bimbingan dan konseling dalam penggunaan Bahasa Indonesia di ruang publik sangatlah penting dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Dengan bantuan guru bimbingan dan konseling, siswa dapat belajar untuk menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar, sehingga meningkatkan kualitas komunikasi mereka di ruang publik. Hal ini akan berdampak positif pada motivasi belajar siswa, sehingga membantu mereka mencapai prestasi akademik yang lebih baik. Oleh karena itu, penting bagi guru bimbingan dan konseling untuk memahami peran mereka dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar di ruang publik.

Permasalahan

Salah satu permasalahan yang sering muncul adalah kurangnya pemahaman siswa tentang pentingnya penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar di ruang publik. 

Banyak siswa yang cenderung mengabaikan tata bahasa dan kaidah-kaidah Bahasa Indonesia saat berkomunikasi, sehingga menyebabkan terjadinya kesalahpahaman dan ketidakjelasan dalam komunikasi. Hal ini dapat menghambat proses belajar mengajar, karena siswa yang tidak mampu berkomunikasi dengan baik akan sulit untuk memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru.

Selain itu, permasalahan lain yang sering terjadi adalah kurangnya motivasi belajar siswa dalam memperbaiki penggunaan Bahasa Indonesia mereka di ruang publik. peran orang tua dan lingkungan sosial juga turut berperan dalam mengatasi permasalahan penggunaan Bahasa Indonesia di ruang publik. 

Orang tua dan lingkungan sosial yang mendukung dan memberikan contoh penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dapat membantu meningkatkan motivasi belajar siswa dalam menggunakan Bahasa Indonesia di ruang publik.

Metode Penelitian

Metode penelitian ini menggunakan metode Studi Literatur. Studi Literatur adalah serangkaian kegiatan yang berkenan dengan metode pengumpulan data Pustaka, membaca dan mencatat serta mengola bahan penelitian

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun