Mohon tunggu...
Mahyati
Mahyati Mohon Tunggu... Guru - Bersyukur

Belajar berjuang bersyukur

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Nilai Karakter Fundamental di Masa Pandemi

18 November 2020   15:28 Diperbarui: 18 November 2020   15:30 127
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Pendidikan karakter di Indonesia sebenarnya merupakan bagian esensial yang menjadi tugas sekolah. Namun dalam kenyataannya dua hal ini belum bisa berjalan secara selaras, karena pencapaian akademis mengalahkan idealitas peran sekolah dalam pembentukan karakter. 

Pendidikan karakter kini menjadi suatu wacana utama dalam kebijakan nasional di bidang pendidikan yang tersirat dalam Naskah Rencana Aksi Nasional Pendidikan Karakter yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional pada tahun 2010. 

Mulai tahun kemarin kegiatan pengembangan karakter sudah dilaksanakan di sekolah-sekolah yang diawali dengan Bimtek Pendidikan Karakter. Guru-guru di latih untuk tepuk PPK, Salam PPK, dan karakter yang dikembangkan di sekolah. 

Pendidikan Karakter, dapat dibentuk dengan tata cara yang bertahap dalam jangka waktu yang panjang. Menurut (King, 2012) Pembentukan karakter ini merujuk pada bawaan individu serta merujuk pula pada pengalaman individu ketika berada di lingkungannya baik secara subyektif maupun obyektif. 

Pendidikan karakter, sekarang ini mutlak  diperlukan bukan hanya di sekolah saja, tetapi di rumah dan di  lingkungan sosial. Pendidikan karakter merupakan salah satu tujuan penting dari Pendidikan Nasional Indonesia. 

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) Pasal 3 menyebutkan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Pada musim pandemi ini pendidikan karakter sangat penting dikembangkan untuk siswa. Pada kegiatan BDR ini kegiatan siswa tidak terpantau oleh guru melainkan oleh orang tua. 

Pendidikan karakter adalah sebuah usaha untuk mendidik anak-anak agar dapat mengambil keputusan yang bijak dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga mereka dapat memberikan kontribusi yang positif kepada lingkungannya (Megawangi dalam Kesuma, 2013, hlm. 5). Menurut Kemendiknas Tahun 2010 ada 18 nilai-nilai pendidikan karakter sebagai berikut :

Nilai

Deskripsi

Religius

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun