Mohon tunggu...
mahpudin
mahpudin Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa

Ingin Belajar Lebih Baik Lagi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

mbs & networking pendidikan

31 Desember 2024   00:06 Diperbarui: 31 Desember 2024   00:06 28
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS)

Pendidikan kejuruan di Indonesia telah menjadi fokus utama dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang siap kerja (Ridwan, 2021; Wardhany et al., 2024). Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memainkan peran penting dalam menyediakan keterampilan teknis yang relevan dengan kebutuhan industri (Rahmadani et al., 2023). Namun, tantangan yang dihadapi oleh SMK dalam memenuhi harapan ini cukup kompleks. Salah satu pendekatan yang diharapkan Journal of Education Research, 5(3), 2024, Pages 3170-3180 Journal of Education Research 3171 dapat mengatasi berbagai tantangan tersebut adalah penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). MBS memberikan otonomi yang lebih besar kepada sekolah untuk membuat keputusan yang sesuai dengan konteks lokal dan kebutuhan spesifik peserta didik (S. M. Hasibuan, 2021; Nasir et al., 2023).

Beberapa faktor internal yang dapat menjadi kendala dalam penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di sekolah-sekolah dan solusi yang mungkin untuk mengatasinya adalah:

  • Keterbatasan anggaran

Kendala yang sering muncul dalam penerapan MBS adalah terbatasnya anggaran biaya.

  • Minimnya fasilitas

Sekolah yang memiliki fasilitas yang minim juga dapat menjadi kendala dalam penerapan MBS.

  • Kualitas SDM yang rendah

Rendahnya kualitas SDM juga dapat menjadi kendala dalam penerapan MBS.

  • Persepsi masyarakat yang keliru

Persepsi masyarakat yang keliru tentang pendidikan gratis dapat menjadi kendala dalam penerapan MBS.

  • Distribusi tenaga pendidik yang tidak merata

Distribusi tenaga pendidik yang tidak merata juga dapat menjadi kendala dalam penerapan MBS.

  • Latar belakang sosial-ekonomi orang tua siswa

Latar belakang sosial-ekonomi orang tua siswa juga dapat menjadi kendala dalam penerapan MBS.

Solusi yang mungkin untuk mengatasi kendala tersebut adalah:

  • Memberikan pemahaman mengenai MBS kepada orangtua siswa
  • Meningkatkan peran serta pemerintah kabupaten/kota
  • Memberdayakan komite sekolah
  • Memaksimalkan kompetensi dan kualifikasi pendidik dan tenaga kependidikan
  • Menekankan kedisiplinan
  • Memberikan motivasi
  • Membangun kepercayaan
  • Mengubah paradigma manajemen
  • Menciptakan teamwork

Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) adalah suatu pendekatan yang memberikan otonomi kepada sekolah untuk mengelola sumber daya dan pengambilan keputusan dengan tujuan meningkatkan kualitas pendidikan. Dalam konteks Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), implementasi MBS menjadi krusial mengingat peran SMK dalam mempersiapkan siswa untuk masuk ke dunia kerja yang kompetitif.

Dengan mengidentifikasi faktor-faktor internal yang menjadi kendala dan menerapkan solusi yang tepat, sekolah-sekolah dapat lebih efektif dalam menerapkan MBS, yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas pendidikan dan keterlibatan semua pihak di dalamnya.

Masa Depan Networking Pendidikan

Rumah Belajar di Indonesia, sebagai salah satu platform yang menyediakan pembelajaran daring untuk siswa di seluruh negeri, menghadapi sejumlah tantangan yang kompleks, terutama dalam konteks tren dan isu kontemporer dalam networking pendidikan. Beberapa tantangan tersebut meliputi masalah infrastruktur, akses, kualitas konten, dan ketimpangan digital. Berikut adalah penjelasan lebih lengkap mengenai tantangan-tantangan ini dengan kaitannya terhadap tren dan isu kontemporer dalam dunia pendidikan.

1. Keterbatasan Infrastruktur Internet dan Teknologi

  • Tantangan: Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi Rumah Belajar adalah ketidakmerataan infrastruktur internet di seluruh Indonesia. Meskipun wilayah urban memiliki akses yang lebih baik, banyak daerah pedesaan dan terpencil yang masih kesulitan untuk mendapatkan konektivitas internet yang stabil dan cepat.
  • Relevansi dengan Tren dan Isu Kontemporer:

    • Digital Divide (Kesenjangan Digital): Kesenjangan digital antara daerah perkotaan dan pedesaan terus menjadi isu besar dalam pendidikan daring. Hal ini menciptakan ketimpangan dalam akses ke sumber daya pembelajaran online yang berkualitas.
    • Smart Cities and Internet of Things (IoT): Meskipun ada perkembangan pesat dalam teknologi IoT dan konsep smart cities di beberapa daerah, sebagian besar wilayah Indonesia masih belum menikmati manfaatnya, sehingga akses pendidikan daring menjadi terbatas.
    • 5G dan Jaringan Fiber Optik: Tren peningkatan jaringan 5G dan fiber optik di beberapa daerah kota besar masih belum dapat menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Penerapan jaringan internet cepat di daerah pedesaan menjadi prioritas yang belum sepenuhnya terpenuhi.

2. Ketimpangan Akses ke Perangkat Teknologi

  • Tantangan: Meskipun semakin banyak siswa yang memiliki akses ke internet, banyak dari mereka yang tidak memiliki perangkat yang memadai untuk mengakses pembelajaran daring, seperti laptop, tablet, atau smartphone yang cukup canggih.
  • Relevansi dengan Tren dan Isu Kontemporer:

    HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    3. 3
    4. 4
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
    Lihat Pendidikan Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun