2.1 Kajian Pustaka
2.1.1 Kepemimpinan
Kata pemimpin dan kepemimpinan tidak asing lagi bahkan sering terdengar dalam sebuah organisasi baik organisasi pemerintahan ataupun organisasi swasta, bahkan dalam kehidupan sehari-hari dan keluarga kita secara tidak sadar sudah diperkenalkan dengan kata pemimpin dan kepemimpinan.
Seorang pemimpin memimpin, mendorong, dan mengatur seluruh kelompok atau organisasi. Ini dikenal sebagai kepemimpinan. Seorang pemimpin dituntut agar dapat memenuhi suatu syarat tertentu dalam melaksanakan suatu organisasi, baik organisasi pemerintah maupun swasta. Untuk dapat memenuhi kriteria tersebut, maka dipandang penting seorang pemimpin untuk senantiasa meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kepribadiannya, supaya dapat memotivasi orang-orang yang dipimpin agar melakukan kegiatan atau pekerjaan yang sesuai dengan program yang telah ditetapkannya. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), "kepemimpinan" dapat didefinisikan sebagai hal yang berkaitan dengan pemimpin atau cara memimpin.
Menurut Moh. Khoiri, dan Nurul Rahma Oktavia (2019:88) dalam Hasibuan (2011) kepemimpinan adalah sebuah cara seseorang pemimpin yang mempengaruhi perilaku bawahan agar mampu bekerja sama dengan bekerja secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan organisasi.
Menurut Susi Adiawaty (2020:399) dalam Yuki (2008) kepemimpinan didefinisikan sebagai proses mempengaruhi orang lain untuk memahami dan setuju dengan apa yang perlu dilakukan dan bagaimana tugas itu dilakukan secara efektif juga proses yang mendukung upaya individu dan kelompok untuk mencapai tujuan bersama.
Menurut Abdul Hakim, dan Anwar Hadipapo (2015:3) dalam Danim (2004) menyatakan bahwa kepemimpinan adalah perilaku yang ditunjukkan oleh individu atau kelompok untuk mengkoordinasi dan memberi arahan kepada individu atau kelompok lainnya yang digabungkan ke dalam wadah tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
Dari definisi diatas dapat dikatakan kepemimpinan adalah sebuah cara, proses, dan perilaku yang ditunjukkan oleh individu atau kelompok untuk mengkoordinasi dan memberi arahan kepada individu atau kelompok lainnya yang tergabung dalam wadah tertentu untuk memahami dan setuju dengan apa yang perlu dilakukan dan bagaimana tugas itu dilakukan secara efektif serta proses untuk memfasilitasi upaya individu dan kolektif untuk mencapai tujuan bersama yakni mencapai tujuan organisasi yang dipimpinnya. Oleh karna itu, seorang pemimpin harus bisa memberi pengaruh, mendukung, memotivasi agar bawahannya bisa mengerjakan tugasnya dengan baik sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku agar organisasi dapat berjalan dengan baik bahkan lebih maju.
2.1.2 Tujuan kepemimpinan
Menurut definisinya, kepemimpinan adalah sifat yang diperlukan oleh seorang pemimpin untuk mengatur, mengelola, dan memutuskan kebijakan yang dapat memengaruhi tujuan kelompok.
2.1.3 Fungsi Kepemimpinan