Mohon tunggu...
Mahmud Syahroni
Mahmud Syahroni Mohon Tunggu... Guru - Guru MAN 2Kota Probolinggo

Membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mengatasi Murid yang Susah Mendengarkan Presentasi Temannya

27 Januari 2024   08:04 Diperbarui: 27 Januari 2024   08:06 77
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dalam setiap kelas, ada beragam tantangan yang dihadapi oleh murid saat mendengarkan presentasi teman mereka. Beberapa dari mereka mungkin mengalami kesulitan dalam memperhatikan, memahami, atau bahkan mempertahankan fokus selama presentasi. Tantangan ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari kebiasaan belajar yang belum terbentuk hingga masalah kesehatan atau lingkungan belajar yang tidak kondusif. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa strategi yang dapat membantu murid mengatasi kesulitan dalam mendengarkan presentasi teman mereka di kelas.

**1. Aktifkan Fokus Diri**

Saat teman mereka sedang melakukan presentasi, penting bagi murid untuk mengaktifkan fokus diri mereka. Ini bisa dilakukan dengan cara menghilangkan gangguan eksternal seperti ponsel atau catatan lainnya yang tidak terkait dengan presentasi. Mengatur posisi duduk yang nyaman dan memastikan bahwa mereka dapat melihat dan mendengar dengan jelas juga dapat membantu meningkatkan fokus.

**2. Berinteraksi Secara Aktif**

Berinteraksi dengan presentator dapat membantu mempertahankan fokus dan meningkatkan pemahaman. Murid dapat melakukan ini dengan bertanya pertanyaan atau memberikan tanggapan selama atau setelah presentasi. Hal ini tidak hanya memberi mereka kesempatan untuk terlibat secara aktif dalam pembelajaran, tetapi juga dapat membantu memecah kebosanan atau kejenuhan yang mungkin muncul selama presentasi.

**3. Gunakan Teknik Mendengarkan Aktif**

Teknik mendengarkan aktif seperti membuat catatan ringkas atau mengulang kembali poin-poin penting dari presentasi dapat membantu murid mempertahankan fokus dan memahami materi dengan lebih baik. Menggunakan bahasa tubuh yang responsif seperti mengangguk atau mengangkat tangan juga dapat menunjukkan kepada teman mereka bahwa mereka sedang aktif mendengarkan.

**4. Berlatih Kesabaran dan Empati**

Bagi beberapa murid, kesulitan dalam mendengarkan presentasi teman mereka mungkin disebabkan oleh faktor-faktor tertentu seperti kegelisahan atau masalah kesehatan mental. Dalam hal ini, penting bagi rekan-rekan sekelas untuk bersikap sabar dan empati. Memberikan dukungan dan pengertian kepada mereka yang mengalami kesulitan dapat menciptakan lingkungan yang lebih inklusif dan mendukung untuk belajar.

**5. Melakukan Refleksi Diri**

Setelah presentasi selesai, murid dapat meluangkan waktu untuk melakukan refleksi diri tentang bagaimana mereka dapat meningkatkan kemampuan mendengarkan mereka di masa mendatang. Ini bisa melibatkan mengevaluasi strategi yang mereka gunakan selama presentasi, mengidentifikasi faktor-faktor yang mengganggu fokus mereka, dan mencari solusi untuk mengatasi tantangan tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun