Mohon tunggu...
Mahla Salsabila
Mahla Salsabila Mohon Tunggu... Guru - GURU KELAS

bismillah

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Meningkatkan Kemampuan Aspek Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Usia 4-5 Tahun Melalui Mencocokkan Tempat Berhentinya Transportasi

13 Desember 2022   23:19 Diperbarui: 13 Desember 2022   23:25 112
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Anak usia dini adalah masa Golden Age yaitu masa pertumbuhan dan perkembangan. Aspek perkembangan anak usia dini meliputi 6 aspek yaitu nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial emosional dan seni. 

Menurut KBBI membedakan adalah memperlakukan berbeda (tidak sama); memisahkan. Menurut permendikbud No. 137 salah satu perkembangan kognitif yaitu dapat mengklasifikasikan benda berdasarkan fungsi, bentuk atau warna atau ukuran. 

Pengenalan transportasi kepada anak usia taman kanak-kanak (TK) sangat berpengaruh untuk membantu merangsang imajinasi dan kreativitas. Pengenalan transportasi termasuk pada aspek perkembangan kognitif. Cara memperkenalkan transportasi yaitu anak dapat membedakan tempat berhentinya transportasi baik darat dan laut. 

Dari 15 anak kelompok A setelah melakukan refleksi hampir Sebagian anak masih sering terbalik ketika menyebutkan tempat berhentinya transportasi baik darat dan laut. 

Guru hanya menjelaskan dengan lisan tanpa menggunakan media ataupun video. Selian itu, karena keterbatasan media yang ada di sekolah serta guru belum membuat media yang menarik bagi anak hal ini disebabkan karena belum adanya pelatihan bagi guru untuk membuat media pembelajaran. 

Dari peristiwa tersebut maka pentingnya bagi anak untuk membedakan tempat berhentinya transportasi baik darat dan laut dengan menggunakan media yang menarik.

Pada kegiatan yang akan dilaksanakan guru akan membuat media 3 dimensi agar anak dapat membedakan tempat berhenti transportasi baik darat dan laut. Kegiatan yang dilakukan untuk membedakan tempat berhenti transportasi adalah anak mengambil bebas transportasi apa saja kemudian mencocokkan sesuai dengan tempat berhenti. 

Anak akan mencocokkan transportasi bis dan terminal, pesawat dan bandara, kereta api dan stasiun serta kapal dan Pelabuhan. Setelah melakukan maka hasil yang diperoleh yaitu 14 anak yang berhasil mencocokkan empat tempat berhenti  transportasi ada 13 anak atau sebesar 93% sedangkan anak yang masih bingung mencocokkan tempat berhenti transportasi ada 1 anak atau sebesar 6%

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun