Mohon tunggu...
Jarot Mahardika
Jarot Mahardika Mohon Tunggu... Lainnya - Terus belajar

Pengamat

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Resep Perkedel Jagung Khas Padang (Bukan Bakwan Jagung)

5 Mei 2020   11:04 Diperbarui: 5 Mei 2020   11:01 753
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saya sangat terkesan saat pertama kali merasakan perkedel jagung khas Padang (Minangkabau). Pertama kali saya mencobanya, langsung di kota Padang. 

Saat itu perjalanan dari kota Padang menuju Payakumbuh.  Rasa perkedel khas Padang ini sangat mengesankan bagi saya, rasa dominan jagung manisnya tak hilang oleh bumbu-bumbu yang dicampurkan. 

Teksturnya krispi di luar dan lembut di dalam. Berbeda dengan bakwan jagung yang teksturnya lebih sering kriuk sampai ke dalam. Nasib baik, di kehidupan selanjutnya ternyata saya menikah dengan perempuan berdarah Minang. Masakan ala warung Padang pun setiap saat bisa dengan mudah saya request dari istri saya.

Berikut saya bagikan resep perkedel jagung khas Padang;

Bahan:
500 gr Jagung pipil
2 butir telur kurang lebih 50gr/ butir
3 siung bawang putih, dihaluskan
30 gr (2 sendok makan) tepung beras

Bumbu:
5 gr (1 sendok teh) garam/ atur rasa sesuai selera
5 gr (1 sendok teh) merica
1 batang besar daun bawang
1 batang seledri
Minyak goreng secukupnya (cek video untuk takaran)
Cabe secukupnya atau untuk anak-anak, boleh diskipatau atur pedas sesuai selera.

Tips:
Saat menggoreng, tunggu bagian bawah perkedel kering sebelum dibalik agar adonan tidak hancur.

Resep ini juga saya bagikan di akun Instagram saya: dapurbersamakita dan juga Youtube Chanel Dapur Bersama
Jika berhasil maka tekstur perkedelnya kering di luar dan lembut di dalam. Rasa manis dari jagung adalah rasa dominan yang diinginkan.
Makan selagi hangat, lebih nikmat.
Selamat mencoba!! ❤️

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun