Mohon tunggu...
Maharani Syifatania
Maharani Syifatania Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi membaca dan menonton film

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Efektivitas Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pendidikan

16 April 2024   15:11 Diperbarui: 16 April 2024   15:18 302
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pendidikan adalah pondasi yang membentuk masa depan individu dan masyarakat. Salah satu permasalahan dalam pendidikan yaitu peserta didik hanya memahami aspek kognitif atau pengetahuan saja tetapi kurang mampu menerapkan pengetahuannya dalam permasalahan di dunia nyata (dalam segi afektif dan psikomotorik). Selain memahami konsep-konsep akademis, kita juga perlu mengembangkan keterampilan kritis, analitis, dan praktis yang diperlukan untuk menerapkan pengetahuan tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Pembelajaran berbasis proyek dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Menurut Kemdikbud (2020), Model Project-based Learning (PjBL) adalah model pembelajaran yang melibatkan keaktifan siswa dalam memecahkan masalah, dilakukan secara berkelompok/mandiri melalui tahapan ilmiah dengan batasan waktu tertentu, yang dituangkan dalam sebuah produk untuk kemudian dipresentasikan kepada orang lain. Melalui proyek-proyek ini, siswa tidak hanya belajar tentang materi pelajaran, tetapi juga mengembangkan keterampilan kerjasama, pemecahan masalah, dan berpikir kreatif. Menurut saya, metode pembelajaran berbasis proyek efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran untuk meningkatkan psikomotorik dan afektif siswa

Pembelajaran berbasis proyek memiliki sejumlah manfaat yang penting. Berikut manfaat dari pembelajaran berbasis proyek :

1. Terbentuknya Pengalaman Praktis

Melalui PBP, siswa mendapatkan pengalaman langsung dalam menerapkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam situasi dunia nyata. Ini membantu mereka memahami hubungan antara teori dan praktik, serta memberikan konteks yang lebih nyata bagi pembelajaran mereka.

2. Pembelajaran Aktif

Dalam PBP, siswa dapat terlibat dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi proyek mereka sendiri. Hal ini membantu pemahaman siswa secara mendalam tentang materi pelajaran.

3. Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis

PBP mendorong siswa untuk berpikir secara kritis dalam menghadapi tantangan proyek yang kompleks. Mereka harus memecahkan masalah, membuat keputusan, dan mengevaluasi hasil proyek mereka, sehingga memperkuat keterampilan berpikir kritis mereka. Mereka belajar untuk menerapkan pengetahuan mereka dalam konteks nyata, yang membantu mereka mengembangkan keterampilan berpikir yang diperlukan untuk sukses di dunia nyata.

4. Terbentuknya Kolaborasi dan Keterampilan Sosial

Proyek-proyek dalam PBP sering melibatkan kerja tim atau kolaborasi antara siswa. Ini membantu mereka mengembangkan keterampilan komunikasi, kerja tim, negosiasi, dan kepemimpinan yang penting dalam dunia kerja dan kehidupan sehari-hari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun