Mohon tunggu...
Magrisa KurniaFebriani
Magrisa KurniaFebriani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Diponegoro

Saya adalah seorang mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN Undip Edukasi Anak-Anak Bahaya Pencemaran Air melalui Metode Discovery Learning

10 Agustus 2023   18:40 Diperbarui: 10 Agustus 2023   18:46 118
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi Kegiatan

Sukoharjo (20/7/2023).Mahasiswa KKN Undip Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan Magrisa Kurnia Febriani melakukan edukasi kepada anak-anak sekolah dasar mengenai bahaya pencemaran air melalui eksperimen sederhana dampak detergen bagi ikan.

Pencemaran air merupakan suatu kondisi penurunan kualitas air yang diakibatkan oleh masuknya berbagai komponen asing ke badan perairan akibat aktivitas manusia. Konsumsi air telah meningkat dua kali lipat dalam 50 tahun terakhir dan kita gagal mencegah terjadinya penurunan mutu air. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal ini salah satunya adalah dengan melakukan edukasi guna meningkatkan rasa kepedulian masyarakat yang dapat dimulai dari anak-anak untuk mencegah pencemaran air.

Metode edukasi yang dilakukan adalah metode discovery learning. Sesuai dengan pendapat Slavin (Yaumi, 2017) menyatakan bahwa "discovery learning dapat meningkatkan keingintahuan siswa meningkatkan berfikir bebas dan bisa memecahkan masalah secara mandiri". Selain itu, dengan cara melakukan penemuan sendiri peserta didik juga lebih merasakan makna dari proses yang dilakukannya selama pembelajaran berlangsung, sehingga mereka tidak mudah melupakan konsep yang telah mereka dapatkan.

Kegiatan edukasi ini dilakukan di SDN 04 Ngasinan, Desa Ngasinan, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo pada tanggal 20 Juli 2023 dengan sasaran siswa-siswi kelas 4, 5, dan 6 SD. Pelaksanaan edukasi terdiri dari 4 sesi, yaitu : (1) penyampaian materi oleh mahasiswa KKN mengenai pencemaran air; (2) tanya jawab; (3) eksperimen secara berkelompok (4) pengulangan materi dan penyamapaian hasil yang dipimpin oleh siswa. Eksperimen yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui dampak salah satu bahan pencemar yang berasal dari kegiatan domestik dan rumah tangga yaitu detergen terhadap keberlangsungan hidup ikan. Eksperimen ini dilakukan dengan menyiapkan 2 buah toples berukuran 500 mL yang telah diisikan dengan air dan ikan sebanyak 1 ekor pada masing masing toples. Selanjutnya, salah satu toples diberikan dengan dua sendok makan detergen dan dilakukan pengamatan terhadap ikan pada setiap toples untuk melihat perbedaan perilaku antara ikan yang terpapar oleh detergen dan ikan yang tidak terpapar detergen. Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa ikan yang terpapar oleh detergen mengalami stress yang ditunjukan dengan perilakunya yang berenang naik ke permukaan dan gerakan insang yang cepat. Sedangkan, ikan yang tidak terpapar oksigen berenang tenang di dalam air dan gerakan insang stabil.

Siswa dan siswi SDN 04 Ngasinan mengikuti kegiatan ini dengan aktif dan antusias karena kegiatan ini merupakan kali pertama bagi mereka melakukan eksperimen langsung dengan ikan. Siswa dan siswi SDN 04 Ngasinan menjadi jauh lebih memahami konsep serta bahaya dari pencemaran air bagi keberlangsungan ekosistem perairan. Salah satu guru SDN 04 Ngasinan Bapak Rustanto mengaku senang dan bahagia dengan kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN. "Saya sangat senang dengan kegiatan seperti ini, anak-anak menjadi lebih peduli terhadap lingkungan dan dapat lebih memahami konsep pencemaran air melalui kegiatan eksperimen."

Penulis: Magrisa Kurnia Febriani

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun