Mohon tunggu...
Maghfira Septi Arindita
Maghfira Septi Arindita Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pemelajar

Like Book, Movie and Written.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Analisis Diri Kamu dengan SWOT

24 Juni 2023   09:01 Diperbarui: 24 Juni 2023   09:33 292
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Eksplorasi Diri merupakan hal yang diperlukan manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari, manusia perlu melakukan eksplorasi diri untuk mengetahui, apa saja yang menjadi minat, bakat, kelebihan serta kelemahan yang ada dalam diri itu sendiri. Mencari tahu apa yang menjadi minat dan bakat kita sangat diperlukan untuk dapat mengembangkan diri menjadi seorang ahli / profesional dalam bidang yang menjadi minat kita. 

Dalam tahap eksplorasi diri, kamu dapat menggunakan metode analisis SWOT (Strengths atau kekuatan, weaknesses / kelemahan, opportunities atau peluang dan juga threats / ancaman) metode analsis SWOT dapat digunakan untuk memudahkan kamu dalam mencari jati diri, mengeksplor apa saja yang membuat kamu kuat, yang menjadi kelemahan dan ancaman kamu, serta peluang seperti apa yang dapat kamu tempuh untuk dapat menemukan minat serta bakat dalam mengeksplor diri kamu sendiri. 

1. Strengths (kekuatan atau kelebihan) 

Strengths dalam diri kita adalah hal-hal apa saja yang menjadi kelebihan yang kita miliki, hal apa saja yang menjadi kekuatan dalam diri kita. Hal apa yang dapat menjadi nilai lebih dalam diri kita yang bermanfaat dan berguna bagi diri kita dimasa depan.

Strengths atau kelebihan yang ada dalam diri saya adalah : 

a. Mandiri 

Sifat mandiri dalam diri saya, perlu saya akui. Saya dapat melakukan hal-hal sendiri tanpa membebani orang lain. Hal yang dapat saya lakukan sendiri meskipun itu berat, akan saya lakukan sendiri.

b. Pemaaf

Saya dapat memafaatkan seseorang yang melakukan kesalahan kepada saya, sekalipun itu kesalahan berat. Jika itu teman baik saya, saya dapat melakukan hubungan pertemanan kembali, tapi tidak sedekat dulu.

c. Excited

Saya selalu merasa bersemangat dalam setiap hal. Bertemu dengan orang baru, berbincang dengan orang baru juga mendengarkan teman-teman saya bercerita. Saya akan mendengarkan dan ikut ambil bagian saat mereka membutuhkan dan meminta saya untuk memberikan solusi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun