Masalah yang dipilih untuk diatasiPenyebab MasalahSolusi yang dipilih Deskripsi Kelebihan Kekuarangan Mitigasi
(1)(2)(3)(4)(5)(6)(7)
Tuliskan 1 persoalan yang paling urgent yang telah diidentifikasi sebelumnya. Tuliskanlah apa penyebab setiap masalah yang diidentifikasi.
Tuliskan solusi yang dipilih dari beberapa alternatif yang sebelumnya telah didiskusikan Jelaskan singkat solusi yang dipilih Apakah kelebihan dari solusi yang dipilihApakah kelemahan dari solusi yang dipilihRencana mitigasi kelemahan solusi
Kemampuan membaca  peserta didik kelas 6 masih rendah dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.
1.Metode mengajar guru  masih  kurang menarik dan inovatif
2.Guru belum menggunakan media yang menarikSolusi :
1.Guru menggunakan model pembelaran PBL.
2.Guru menggunakan media kartu bergambar karakteristik peserta didik.
Model  pembelajaran Problem  Based Learning atau model  pembelajaran  berbasis masalah  adalah  suatu  model  pembelajaran yang   melibatkan   siswa   dalam   kegiatan pembelajaran serta mengutamakan 195 permasalahan  nyata  baik  di  lingkungan sekolah,  rumah,  atau  masyarakat  sebagai dasar  untuk  memperoleh  pengetahuan  dan konsep  melalui  kemampuan  berpikir  kritis dan  memecahkan  masalah (Anugraheni,  I.,2018:11).
Berdasarkan  pengertian  tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem   Based   Learning(PBL)   merupakan   model   pembelajaran menggunakan  masalah  yang  memanfatkan lingkungan,   dimana   siswa dihadapkan secara langsung   maupun   telaah   kasus. Kemudian siswa bertugas untuk memecahkan  masalah  yang  telah  dihadapi, dan  itu  merupakan  bagian  dari  prosespembelajaran
a.Tujuan  penelitian  ini  adalaha Untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan  model  pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan tanggung jawab dan hasil belajar siswa kelas 6  SDN  07 Trans Mabak
b.Untuk mengetahui  penerapan  model  pembelajaran Problem   Based   Learning (PBL)   dalam meningkatkan tanggung jawab siswa kelas 6 SDN 07 Trans mabak
c.Untuk mengetahui  penerapan  model  pembelajaran Problem   Based   Learning (PBL)   dalam meningkatkan  hasil  belajar  siswa  kelas  6 SDN 07 Trans Mabak
Model pembelajaran media kartu gambar adalah Kartu  kata  dan  kartu gambar  adalah  salah  satumedia  yang  dicetak  yang  digunakan  sebagai  pendamping  dalam pembelajaran.  Kartu  kata  dan  kartu  gambar  digunakan  agar  siswa  dapat mempelajari kosakata  tidak  hanya  melalui  penjelasan  guru  dan  buku  ajar. Media  kartu  kata  dapat digunakan untuk membantu melatih konsentrasi siswa dalam pembelajaran, mengembangakan   daya   ingat   siswa,   memperluas pengetahuan   siswa mengenai pembendaharaan  kata (Eliana,  2020;  Rumidjan,  Sumanto,  &  Badawi,  2017). Penggunaan media kartu kata dan kartu gambar membuat siswa lebih mudah memahami materi kosakata yang disampaikan dan membuat siswa mengetahui makna dari kosa kata.
Bertujuan  untuk  mengembangkan suatu  produk  baru  atau  produk  yang  sudah  ada  dan  dirancang  lebih  kreatif. Penelitian pengembangan  adalah  tipe  penelitian  yang  bertujuan  untuk  mengembangkan    serta menghasilkan  produk-produk  dan  selanjutnya dilaksanakan  uji  ahli  dan  uji  subjek  yang kemudian  direvisi (Arsyad,  2017;Yunaili  &  Riyanto,  2020). Pada  penelitian  ini mengembangkan  produk  media  kartu  kata  dan  kartu  gambar  pada  materi  kosa kata  Bahasa Indonesia  siswa  kelas  6 SD  Negeri 07 Trans Mabak Kabupaten  Bengkayang.  Penelitian  ini menggunakan model ADDIE yang memiliki lima tahapan diantaranya:
a.analisis (analyze),
b.perancangan (design),
c.pengembangan (development),
d.implementasi (implementation),
e.evaluasi(evalution).
Kelebihan dari PBL adalah
1.Mendorong pembelajaran Aktif. Dalam metode ini ,siswa tidak hanya menjadi pendengar pasif ,tetapi mereka terlibat aktif dalam mencari solusi untuk masalah yang dihadapi
2.Kelebihan dari media kartu bergambar adalah Kelebihan penelitian iniialah menggunakan permainan kartu dengan cara menjodohkan kartu. Siswa akan menjadi lebih akif dalam pembelajaran dan memudahkan  siswa dalam mengingat pembelajaran yang telah dilaksanakan sebab terdapat gambar yang memudahkan siswa untuk mengetahui makna kosakata  dan  menambah  pengetahuan  dalam  penguasaan  kosakata.
Kelemahan dari PBL ini adalah
1.Diperlukan waktu yang lama saat proses pembelajaran berlangsung
2.Terjadinya gangguan listrik padam.
Kelemahan dari kartu bergambar ini adalah
1.Hanya menampilkan persepsi indera mata,ukuranya terbatas hanya dapat terlihat oleh sekelompok siswa.
2.Gambar disajikan dalam ukuran yang saangat kecil,sehingga kurang efektif dalam pembelajaran.Mitigasi solusi PBL adalah pada model pembelajaran PBL dapat diantisipasi dengan cara :
1.Perencanaan waktu yang baik yaitu guru perlu merencanakan waktu dengan bijak untuk memastikan proses pembelajaran berjalan sesuai dengan waktu yang ditentukan.
2.Penyediaan mesin ginset
Mitigasi dari media kartu bergambar dapat diantisipasi dengan cara :
1.Menyiapkan ruangan kelas dengan baik dan menyingkirkan benda-benda yang dapat mengalihkan perhatian siswa.
2.Menyiapkan media yang akan digunakan dalam permainan kartu bergambar, mengkondisikan subjek sebelum permainan kartu bergambar.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H