Mohon tunggu...
MAGDA LENA
MAGDA LENA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

saya suka menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Teknologi yang Semakin Maju Membantu Atau Menghambat Hubungan Pelanggan?

22 Oktober 2024   22:09 Diperbarui: 22 Oktober 2024   22:30 140
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Teknologi dewasa ini yang semakin maju dan dunia yang kian berkembang dalam segala aspek termasuk teknollogi. Pernahkah kalian berfikir sejauh apa saat ini teknologi sudah jauh lebih canggih? Yang sebelumnya berkabar dengan sanak saudara yang jauh harus menggunakan telegram yang baru sampai 4 sampai 5 hari sekarang kita bisa berbincang kapanpun dan dimanapun bahkan sejauh apapu. Namun benarkah kemajuan teknologi ini membantu pagi para pelaku bisnis dalam berhubungan dengan pelanggan? Atau malah menghambat hubungan dengan pelanggan? Mari simak ulasan selangkapnya.

Pada era saat ini penguasaan teknologi semakin menjadi sorotan dan menjadi salah satu alasan kemajuan suatu negara. Teknologi sangat dibutuhkan pada setiap negara. Perkembangan teknologi ini sangat mengubah kebiasaan manusia. Yang sebelumnya mengetahui pengetahuan umum atau informasi melalui surat kabar sekarang dengan gawai kita bisa selalu up to date. Bayangkan yang sebelumnya kita apabila ingin berpergian secara jarak jauh harus antri berlama lama di depan loket, namun dengan adanya teknologi yang semakin canggih sekarang kita bisa memesan dimanapun bahkan dari jauh jauh hari, begitupun dalam memesan makanan kita saat ini bisa memesan melalui scan barcode tanpa perlu kekasir. Saat ini Perkembangan dunia industri serta peran teknologi informasi saling berkaitan dalam suatu organisasi bisnis.

English First
English First

Dalam dunia bisnis keberhasilan sebuah perusahaan didasari dengan menjaga hubungan baik dengan pelanggan menurut (Januaris Kundre et al., 2013) Customer Relationship Management (CRM) merupakan sebuah filosofi bisnis yang menggambarkan suatu strategi penempatan client sebagai pusat proses aktivitas. Dengan adanya teknologi walaupun saat ini semua dilakukan dari rumah banyak pelanggan yang tidak bertemu langsung dengan penjual namun nyatanya hal ini tidak menjadi penghambat hubungan pelanggan bagi para usaha bisnis di era ini. Dengan tetap memberikan pelayanan terbaik, respon cepat dan sopan nyatanya hal ini       tetap membekas di hati pelanggan hal ini di dukung oleh penelitian Sidiq & Astutik, (2017) Dimana kapabilitas teknologi informasi berpengaruh positif terhadap kinerja bisnis. Kapabilitas teknologi informasi akan memberikan pengetahuan global bagi perusahaan untuk lebih responsive dalam menghadapi masalah yang memepengaruhi perusahaan. Selain itu pendapat bahwa teknologi dapat membantu perusahaan maju dengan memberikan pelayanan terbaik dengan pelanggan yang berati sukses alam penerapan CRM nya didukung oleh penelitian Januaris Kundre et al., (2013) yang mana:

“Dengan adanya teknologi dengan CRM dapat membantu perusahaan dalam mengatur strategi bisnis dalam persaingan sehingga perusahaan dapat maju ke tahap yang lebih baik dalam hal pelayanan pemesana tiket secara online dan pengecekan barang”

Sehingga dengan ini dapat disimpulkan bahwa adanya teknologi dapat membantu sebuah perusahaan dengan membangun hubungan pelanggan di era globalisasi saat ini. kapabilitas teknologi informasi berpengaruh positif terhadap kinerja bisnis dan menjadi strategi baru bagi para pembisnis dalam mengatur CRM.

REFERENSI

Januaris Kundre, A., Wisnubadhra, I., Suselo, T., Program, ), Magister, S., Informatika, T., & Industri, T. (2013). PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DENGAN DUKUNGAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA PO. CHELSY. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia.

Salsabila, D. (2023, May 10). Membongkar Rahasia Perkembangan Teknologi Yang Membuat Dunia Semakin Canggih. Unair Website.

Sidiq, A., & Astutik, P. E. (2017). ANALISIS KAPABILITAS TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KINERJA BISNIS UKM DENGAN ORIENTASI PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada UKM Sektor Manufaktur di Wilayah Solo Raya). MEDIA EKONOMI DAN MANAJEMEN, 32(1).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun