Tim Transisi mengusulkan nama Persebaya United yang masih memakai nama Persebaya yang sudah dipatenkan oleh PT Persebaya Indonesia menjadi Surabaya United.
Tapi pihak PT MMIB, manajemen pengelola Surabaya United kelihatannya secara halus menolaknya. Meski begitu, soal penggantian nama dan logo Persebaya yang kini sudah menjadi hak milik resmi PT Persebaya Indonesia, secara mengejutkan bisa diterima oleh PT MMIB tanpa adanya perlawanan. Kelegowooan PT MMIB ini patut mendapatkan apresiasi.
Klub yang bernaung di bawah PT Mitra Muda Inti Berlian, selama berada di Surabaya tidak mendapatkan tempat di hati masyarakat, malahan selalu menjadi musuh Bonek, pendukung setia Persebaya asli. Dengan keadaan ini ditambah keluarnya sertifikat hak paten, barangkali yang membuat mereka memutuskan tidak membuat perlawanan dan justru segera menggelar sayembara nama dan logo baru.
Seperti diketahui, sesuai undang-undang merek (UU Merek) yang berlaku, Persebaya United harus mengubah namanya jika tak ingin berurusan dengan hukum.
Rencananya, manajemen Persebaya United bakal menggelar konferensi pers pada Sabtu (26/9) untuk menyosialisasikan pelaksanaan lomba ini.
“Lokasinya masih tentatif, tapi waktu konferensi persnya sudah pasti. Kami akan kemas lomba ini semenarik mungkin agar banyak peminatnya, termasuk hadiahnya,” jelas Sekretaris Persebaya, Rahmad Sumanjaya. (dikutip dari bola.com, 24/9)
“Meski Jumat sudah ditentukan, sosialisasi tetap kami lakukan pada Sabtu mendatang,” sebut Rahmad.
Manajemen sendiri sudah memiliki gambaran kriteria nama dan desain logonya, termasuk penentuan panitia lomba dan jurinya.
“Kami tantang para jago desain logo dan nama untuk mengirimkan karyanya. Tunggu tanggal mainnya,” ujar Rahmad.
Lantas apa nama yang pas buat Persebaya United? Sesungguhnya PT MMIB sudah memiliki nama dan logo baru mereka, namun demi sedikit kelihatan merakyat, mereka membuat sayembara penamaan dan logo baru untuk klub yang awalnya dari Persikubar ini terbuka untuk umum.
Sambil menunggu keputusan manajeman PT MMIB (menentukan nama dan logo baru) dan melaunchingnya, mari kita berandai-andai soal nama dan logo mereka.