Mohon tunggu...
Made Adhi Gunadi
Made Adhi Gunadi Mohon Tunggu... karyawan swasta -

travel enthusiast, akademisi pariwisata

Selanjutnya

Tutup

Travel Story

Indonesia, Smile of The World*

5 Oktober 2012   05:55 Diperbarui: 24 Juni 2015   23:14 141
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Untuk pemanasan menjelang Visit Indonesia Year 2008, Milis Jalansutra membuat lomba tagline branding Indonesia Agustus-September 2007 lalu. Sebagai pemerhati wisata yang copywriter, jelas ini godaan yang sulit dilewatkan. Alhasil, inilah kutipan dari coret-coretan untuk ikutan usulan slogan/branding tersebut.

Slogannya : INDONESIA, Smile of The World

Rasionalnya:
Ada tiga pilar utama yang menjadikan Indonesia sebagai destinasi wisata unggulan, yaitu alam yang mempesona, budaya yang rancak, serta masyarakatnya yang ramah. Perpaduan ketiganya begitu nyata dan sudah menjadi keseharian kita di Indonesia. Tidak semua negara/destinasi wisata lain memiliki perpaduan utama ini, sehingga boleh dibilang inilah USP Indonesia. Karenanya, slogan/branding yang dipilih selayaknya bisa merangkum dan mencerminkan ketiga pilar tersebut.

Menikmati pesona alam tropis yang khas (gunung, pantai, gurun, lautan, udara dll), menyaksikan kekayaan pentas budaya yang rancak, dinamis (mulai dari seni tradisi yang anggun hingga seni urban yang kosmopolit dan modern) plus hangat berinteraksi dengan masyarakatnya ramah bersahabat, agamis dan juga beragam akan menyisakan satu efek reaksi universal : senyum. Ya, semua yang ada dan ditemui dan dinikmati di Indonesia akan membuat kita tersenyum dan selalu ingin kembali lagi ke Indonesia.  Alamnya, budayanya (termasuk kuliner dan karyaseni/cinderamata) dan tentu saja masyarakatnya. Senyum ini pula yang sejalan dengan ungkapan bahwa Tuhan sedang tersenyum ketika menciptakan Indonesia. (Ingat, dulu pun salah satu pemimpin kita dikenal sebagai The Smiling General).

Mengapa dunia? Karena keunikan Indonesia memang berkelas dunia --bukan sekedar Asia saja (seperti tetangga kita hehehe)--, boleh dikata satu-satunya di dunia, sekaligus memposisikan Indonesia selangkah di depan.

Sekali lagi. Tagline/brandingnya : Indonesia, Smile of The World.
Sederhana, simple, universal namun sangat khas dan merefleksikan keunikan Indonesia.

Nerada, Sept-Okt 2007

(hingga catatan ini diunduh, belum ada pengumuman tagline yang terpilih jadi pemenang).

Catatan 2012 :

Belakangan saya baru tahu bahwa Indonesia ternyata pernah menggunakan tagline yang sungguh mirip, yaitu Indonesia, Just A Smile Away. Promo TVCnya dibintangi oleh Sherina Munaf. Namun perjalanan tagline tersebut tidak berlangsung lama karena akhirnya berganti menjadi Ultimate in Diversity, dan kini yang resmi adalah Wonderful Indonesia.

* Ini adalah tulisan lama yang (tahun 2007, di blog Multiply) yang kini sengaja di post ulang


HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun