Dukung Internasionalisasi Brand Lokal Indonesia: Erigo yang Makin Mendunia
Dalam perkembangannya sekarang ini, tidak sedikit brand lokal Indonesia yang sudah menjejakkan langkahnya dalam pasar global internasional. Brand lokal Indonesia mulai menunjukkan kreativitasnya, terutama dalam bidang fashion untuk menembus pasar global internasional dan makin mendunia. Brand lokal ERIGO menjadi salah satu produk Indonesia yang berhasil melangkahkan kakinya lebih jauh dalam pasar global internasional, dan memperkenalkan produk Indonesia dalam pasar perekonomian global. Melalui produk fashion trendy yang mengikuti perkembangan zaman, ERIGO berhasil menjadi pilihan masyarakat untuk bisa tampil percaya diri dalam berbagai kesempatan melalui penampilannya. Sebagai brand lokal Indonesia, ERIGO memiliki beberapa koleksi fashion bagi pria dan wanita mulai dari outerwear, longshirt, tshirt, denim pants, hingga aksesoris yang mampu melengkapi penampilan seseorang dengan kualitas terbaik agar bisa semakin percaya diri. Â Meskipun terpapar dampak dari pandemi Covid-19 yang sempat menghentikan jalur perekonomian nasional di Indonesia, tetapi kegigihan dari ERIGO sebagai produk lokal Indonesia berhasil membawa brand tersebut menembus pasar internasional.
Brand ERIGO merupakan brand yang hadir sejak tahun 2010 dan berusaha mendorong semangat anak muda untuk bisa meningkatkan kreativitas dalam berpakaian. Dalam perjalanannya sebelum dikenal pada pasar internasional, pendirian brand lokal ini tentu saja seringkali mengalami kesulitan. Pahitnya jatuh bangun bagi brand ERIGO merupakan makanan sehari-hari. Namun, berkat kegigihan dan usaha yang dilakukan selama ini dengan konsisten, brand ERIGO akhirnya bisa mengepakkan sayapnya di dunia internasional.Â
Mewakili brand Indonesia yang makin mendunia. Hal ini ditandai dengan tampilnya brand lokal Indonesia yaitu ERIGO di panggung New York Fashion Week pada tahun 2021 lalu bersama dengan brand internasional lain. Pada tahun yang sama, tanggal 7 September 2021 brand ERIGO juga membuka pop-up baru di New York, tepatnya di wilayah SoHo. Iklan dari ERIGO bahkan ditampilkan di Time Square yang merupakan pusat komersial terbesar di Amerika Serikat.
Internasionalisasi dari brand lokal Indonesia dalam pasar global sudah menjunjung tinggi sekaligus membuktikan kualitas produk Indonesia. Sehingga, dalam perkembangannya produk brand lokal Indonesia kini tidak akan dipandang sebelah mata lagi oleh masyarakat. Tidak hanya ERIGO, masih banyak brand lokal lain yang berhasil mengoptimalkan kualitas produknya untuk bisa bersaing dalam pasar internasional.Â
Kesuksesan dari brand lokal Indonesia ini pun menunjukkan seberapa pentingnya optimalisasi usaha lokal bangsa untuk bisa menembus pasar global dan menjadi pendorong dalam pelaksanaan ekspor industri kreatif di Indonesia. Terlebih lagi, sekarang ini banyak sekali usaha kreatif masyarakat Indonesia di bidang fashion yang mendapatkan perhatian global.Â
Dilansir pada OPUS 2020, berdasarkan data pada tahun 2017, nilai ekspor produk fashion dari Indonesia bahkan mencapai 11,969,4 juta dolar Amerika Serikat atau dengan persentase 9,80%. Hal ini menunjukkan bahwa brand lokal Indonesia memiliki peluang yang besar dalam meningkatkan laju perekonomian di Indonesia. Oleh karena itu, optimalisasi brand lokal Indonesia sangat dibutuhkan untuk mendorong internasionalisasi usaha tersebut, dalam hal ini pemerintahan memiliki peranan penting untuk mendorong kreativitas dan tahapan internasionalisasinya, misalnya dalam rangka pelaksanaan ekspor ke luar negeri.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H