Mohon tunggu...
Mada Fandhaya Dimas Ofananta
Mada Fandhaya Dimas Ofananta Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Muhammadiyah Malang

saya Mada Fandhaya Dimas Ofananta usia saya 20 tahun saya berasal dari Cilegon, Banten dan berkuliah di salah satu perguruan swasta yaitu Universitas Muhammadiyah Malang di Jawa Timur.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

PMM 78 UMM Mengenalkan Metode Pemasaran Melalui Digital Marketing diberbagai Marketplace Guna Memperluas Cakupan Penjualan

19 Februari 2024   15:44 Diperbarui: 19 Februari 2024   18:53 114
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Rumah Produksi Cassava

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang dilaksanakan oleh kelompom 78 gelombang 1 singkatnya PMM 78 UMM untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) www.umm.ac.id

Program pengabdian masyarakat oleh mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang kelompok 78 Gelombang 01 Kegiatan ini di mulai dari tanggal 19 Januari Sampai 19 Februari 2024 yang beranggotakan Mada Fandhaya Dimas Ofananta, Haedar Ahmad, Nur Fadilah, Siti Fatimah Salsabila. A, Husnatul Mahmuda dan  Ilyas Nuryasin, S.Kom., M.Kom selaku dosen pembimbing lapangan (DPL). Kegiatan ini Mengenalkan Metode Pemasaran Melalui Digital Marketing diberbagai Marketplace Guna Memperluas Cakupan Penjualan di UMKM Rumah Produksi Cassava didesa Bumiayu, Rumah Produksi Cassava yang berlokasikan di Kecamatan Kedung Kandang Jl. Lembayung No.19, Bumiayu, Kota Malang, Jawa Timur 65153.

Program Kerja yang kami laksanakan adalah mengenalkan metode pemasaran melalui digital marketing diberbagai marketplace guna memperluas cakupan penjualan di UMKM Rumah Produksi Cassava didesa Bumiayu, Program ini bertujuan untuk memberikan edukasi dari hal penjualan kripik singkong cassava yang modern dengan menggunakan digital marketing melalui marketplace yang tersedia diberbagai platform yang masih kurang diketahui oleh masyarakat luas.

Dalam pembuatan digital marketing ini dimulai dari pembuatan akun terlebih dahulu seperti hal-nya meng-input data diri contoh-nya email, nomor rekening setelah itu memasukan foto produk dan mencantumkan harga jual. selain data yang sudah di input didalam akun marketplace menyajikan informasi mengenai deskripsi produk dan daftar jasa ekspedisi pengiriman seperti contohnya JNE dan Sicepat sebagai jasa pengirimann yang ada di Indonesia. Sehingga para customer dapat mengetahui informasi produk secara mudah, simple dan praktis dengan pembelian jarak jauh.

Rumah Produksi Cassava
Rumah Produksi Cassava

" selama kegiatan PMM kelompok 78 sangat membantu dalam pengenalan marketplace dan edukasi terkait pemasaran memalui digital marketing yang sehingga cakupan penjualan kripik singkong cassava bisa lebih efektif dan meningkat di penjualan dan produksi," ujar Lia.

Adapun tujuan akun digital marketing ini dibuat untuk memudahkan customer dalam membeli ataupun memesan kripik singkong Cassava. Produk ini tersedia diplatform marketplace seperti hal-nya marketplace online. Dengan adanya digital marketing penjualan dari kripik cassava selama dua minggu mengalami kenaikan penjualan hal ini sangat efektif untuk meningkatkan penghasilan UMKM kripik singkong Cassava didesa Bumiayu Kecamatan kedungkandang. Peningkatan penjualan dan produksi akan berimbas baik pada penambahan pekerja yang ada disekitar Rumah Produksi Cassava.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun