Mohon tunggu...
M Abd Rahim
M Abd Rahim Mohon Tunggu... Guru - Guru/Dai
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

GPAI SMK PGRI 1 SURABAYA, Ingin terus belajar dan memberi manfaat orang banyak (Khoirunnas Anfa'uhum Linnas)

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

PayLater Itu Mengubah Karakter

13 Mei 2022   07:16 Diperbarui: 14 Mei 2022   03:42 444
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Ada beberapa aplikasi yang tersedia di Playstore maupun App Store. Berasal dari Handphone yang canggih ini menumbuhkan perkembangan teknologi yang luar biasa, semua dapat dijangkau dalam genggaman. Contohnya toko online, e-commerce. Seperti Lazada, Tokopedia, blibli, akulaku dan lain sebagainya. 

Di playstore atau app store juga terdapat aplikasi Gojek dan Grab, atau aplikasi yang lain. Dari beberapa aplikasi yang tersedia, saya lebih biasa menggunakan aplikasi gojek dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Di aplikasi gojek ini banyak fiturnya, dan yang saya manfaatkan dari aplikasi ini diantaranya yang lebih sering yaitu GoPaylater.

GoPaylater sering saya gunakan untuk memenuhi segala kebutuhan dari fitur-fitur yang lain, seperti Gojek, Gofood, GoTagihan, di sisi lain aplikasi ini juga bisa transfer Bank. Saya memakai Gojek, ketika saya mau berangkat kerja dan tidak sempat mengantar istri ke sekolah, maka saya turun di 80% dari perjalanan menuju sekolah, selebihnya memakai aplikasi Gojek ini. Dan biasanya, yang saya nyalakan adalah dengan metode pembayaran GoPayLater secara otomatis. Jika mau tidur, tidak sempat keluar, karena hujan atau kecapean saya pakai aplikasi GoFood ini untuk memesan makanan. Dengan niat juga agar para ojek online bisa memenuhi kebutuhannya sebagai pekerja. Kemudian, untuk fitur GoTagihan ini, biasanya saya pakai bayar yang pertamakali yaitu membayar listrik rumah orang tua yang ada di Desa, setelah itu baru paket data dan pulsa saya dan istri untuk tiap bulan.

GoPayLater Findaya, menjadi andalan saya tiap bulan. Cara memakai GoPayLater ini pertama, mendaftar lebih dulu dengan foto KTP dan persyaratan lainnya. Bila sudah aktif, kita bisa mengatur limit yang tersedia. 

Seperti 1 bulan kita memakai limit 100.000, maka kena biaya 7.500 dan jika kita memakai limit 200.000 kena biaya 10.000 dan jika kita memakai limit 300.000-500.000 ada biaya 12.500 dan limit 600.000 kena biaya 15.000. Kemudian limit 700.000 ada biaya 17.500 dan limit 800.000 ada biaya 20.000. Namun dari limit yang disediakan saya biasanya memekai limit 500.000, dengan biaya 12.500, dan jumlah tersebut sudah kami ukur dari pemasukan tambahan kami tiap bulan.

Saya suka fitur GoPayLater ini, karena walaupun pembayaran di aplikasi disuruh membayar sebelum tanggal 1 awal bulan. Tapi biasanya ada masa dispensasi pembayaran dan biasaya saya membayarnya tanggal 5-6 di awal bulan dan bila melebihi dari tanggal 6 maka ada denda 2.000 perhari. 

Di fitur lainnya yaitu ada notifikasi informasi pembayaran atau penagihan, yaitu Jeklin di fitur ini mengingatkan "Jangan lupa bayar tagihan GoPayLater-mu ya, kalau belum. Udah jatuh tempo, biar gak kena denda Rp. 2.000/hari. Lumayan kalau lewatnya 10 hari, bisa buat beli ayam geprek. Kalau sudah bayar, abaikan aja pesean ini ya. Biasanya saya bayar tanggal 5 di awal bulan, karena ada uang mamin dari sekolah.

Selain itu saya dan istri suka belanja online di Lazada, saya memilih aplikasi ini karena aplikasi ini selain menyediakan Flashsale dan diskon, toko online ini juga menyediakan LazPayLater. 

Ketika saya aktifkan fitur LazPayLater itu, diaplikasi saya tertera 3juta. Dan saya menggunakannya hanya sebatas kebutuhan yang mendadak, seperti saat ingin membelikan baju anak, tapi saat itu belum ada uang. Dan biasanya saya beli barang  dengan menggunakan metode pembayaran 3x angsuran dan dibayar terakhir tanggal 2 di awal bulan, bila lewat dari itu akan kena denda.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menggunakan Paylater, yaitu perlu kesiapan diri dengan memperhatikan jumlah pengeluaran tiap bulannya, kita bisa membayarnya apa tidak. Jangan sampai besar pasak dari pada tiang, waktunya bayar pinjaman tapi tidak bisa membayarnya. Dalam hal ini yang ditakutkan adalah tindakan kriminal seperti mencuri dan lain sebagainya untuk bisa membayarnya, maka jangan pernah sampai terjadi.

Yang kedua, biar sama-sama aman harus konsiten mengembalikannya, jika kita meminjam wajib dikembalikan dengan tanggal yang telah ditentukan. Karena kalau tidak bisa bayar tepat waktu, indikasinya akan menjadi sorotan dan lebih menimbulkan kemarahan dari petugas penagih. Dan kita sebagai peminjam akan merasa tidak nyaman, karena terus dikejar sampai kita bisa melunasi hutang yang sudah tertera.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun