Kini kesadaran masyarakat akan pentingnya informasi produk kian meningkat, hal ini didukung oleh hasil riset dan data yang ditampilkan pada grafik diatas.
Ada beberapa faktor yang menjadi penentu seorang konsumen jadi membeli, salah satunya adalah adanya label halal.
Label ini memang patut menjadi pertimbangan pertama dan utama mengingat mayoritas penduduk Indonesia adalah Muslim.
Setelah label halal, faktor selanjutnya adalah kelengkapan informasi pada sebuah produk.
Berbeda pada faktor pertama yang lebih karena kepastian produk dari sisi hukum agama, faktor kedua ini menunjukan bahwa masyarakat kian teliti akan informasi produk yang akan dibeli.
Informasi yang paling penting adalah kandungan yang ada didalamnya atau biasa dikenal dengan istilah komposisi produk.
Faktor selanjutnya adalah apakah produk tersebut sesuai dengan yang dibutuhkan atau menjadi solusi dari persoalan yang tengah dihadapi konsumen.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H