Mohon tunggu...
Muhammad Syafii
Muhammad Syafii Mohon Tunggu... Lainnya - Identitas asli

Suka menulis sesuatu yang menarik minat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Meningkatnya Kesadaran Konsumen

9 Mei 2023   18:13 Diperbarui: 26 November 2023   20:58 210
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kini kesadaran masyarakat akan pentingnya informasi produk kian meningkat, hal ini didukung oleh hasil riset dan data yang ditampilkan pada grafik diatas.

Ada beberapa faktor yang menjadi penentu seorang konsumen jadi membeli, salah satunya adalah adanya label halal.

Label ini memang patut menjadi pertimbangan pertama dan utama mengingat mayoritas penduduk Indonesia adalah Muslim.

Setelah label halal, faktor selanjutnya adalah kelengkapan informasi pada sebuah produk.

Berbeda pada faktor pertama yang lebih karena kepastian produk dari sisi hukum agama, faktor kedua ini menunjukan bahwa masyarakat kian teliti akan informasi produk yang akan dibeli.

Informasi yang paling penting adalah kandungan yang ada didalamnya atau biasa dikenal dengan istilah komposisi produk.

Faktor selanjutnya adalah apakah produk tersebut sesuai dengan yang dibutuhkan atau menjadi solusi dari persoalan yang tengah dihadapi konsumen.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun