Mohon tunggu...
M FadilHanandra
M FadilHanandra Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa hukum di universitas muhammadiyah bengkulu

saya mahasiswa yang suka menjelajahi alam

Selanjutnya

Tutup

Kkn

Kelebihan dan Kekurangan pada Saat Mengikuti Kegiatan PMM di Universitas Warmadewa

11 Juli 2024   20:40 Diperbarui: 11 Juli 2024   20:43 77
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
KKN. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Pertukaran Mahasiswa Merdeka, apa sih pertukaran mahasiswa merdeka? Pertukaran mahasiswa merdeka merupakan sebuah program mobilitas mahasiswa selama satu semester untuk mendapatkan pengalaman belajar di perguruan tinggi di Indonesia sekaligus memperkuat persatuan dalam keberagaman. PMM menargetkan terdapat 204 PT Penerima dan 15.505 mahasiswa peserta program.

 Program ini saya jalani selama satu semester dan diikuti oleh 38 mahasiswa pertukaran dari berbagai kampus dan daerah.. Nah disini saya berkesempatan lulus dan diterima di Universitas Warmadewa. Universitas ini merupakan salah satu Universitas swasta terbaik di bali dan disini saya akan membahas tentang kekurangan serta kelebihan yang saya rasakan selama mengikuti Pertukaran mahasiswa merdeka di Universitas Warmadewa, diantara berikut.

 Kelebihan mengikuti kegiatan pertukaran mahasiswa

 1.Merasakan belajar dikampus berbeda

 Tentunya kalian pasti akan merasakan proses pembelajaran yang berbeda dibandingkan dengan kampus asal kalian dengan sistem yang mungkin disetiap kampus itu berbeda. Kelebihan yang saya dapatkan di pembelajaran Universitas Warmadewa yaitu sistem yang lebih oke dengan web nya yang memadai dan mudah dipahami dan dibarengi dengan dosen yang dengan sabar mengarahkan dan menjelaskan, pembelajaran di universitas ini tergolong santai tpi disiplin dengan sarana dan prasarana yang sangat memadai. Dan terimakasih kepada dosen Modul Nusantara yang banyak memberikan pelajaran, ilmu dan tenaganya.

 2.Banyak merasakan perbedaan tradisi dan budaya

 Oh iya teman-teman universitas tujuan saya pertukaran itu berada di pulau bali. Dibali kan terkenal dengan budaya nya yang kental dan bagus banyak hal yang saya temui dan rasakan bahwa orang bali itu sangat menjunjung tinggi  nilai budayanya seperti contohnya yang saya rasakan pada saat hari daya nyepi yang mana pada hari itu semua hening tidak ada lampu atau pun suara yang saya rasakan dan juga itu sesuatu hal yang baru yang saya rasakan dan ada lagi seperti Mlukat atau penyucian diri baik rohani maupun jasmani yang mana ritual ini sering dilakakukan oleh umat hindu dibali dan menurut saya yang paling berkesan dari budaya bali yaitu Ogoh ogoh yaitu sebuah patung yang melambangkan kejahatan yang dibuat pada saat menjelang hari raya nyepi dan ngerupuk atau pembakar untuk arti “Pembersihan” agar terjadinya  lingkungan yang baik. Pada minuman, biasanya orang bali akan menuangkan sedikit minuman untuk menghormati dalam artian memberi untuk bumi.

 3.bertemu dengan banyak orang

 Jumlah pertukaran mahasiswa merdeka yang lulus diwarmadewa sebanyak 38 orang dengan universitas berbeda, pola fikir berbeda, agama, suku dan ras yang berbeda. Banyak, pelajaran yang saya dapati dari teman-teman pertukaran dan mahasiswa Universitas Warmadewa yang mana banyak perbedaan diantara kita, dari situ saya belajar dari mulai agama,pola fikir dan banyak hal lainnya.

 Kekurangan mengikuti kegiatan pertukaran mahasiswa

 1.Sepengalaman saya sebagai mahasiswa yang melakukan pertukaran mahasiswa di Universita Warmadewa itu tidak ada hanya saja ada pada bagian pihak penyelenggara untuk pembagian Bantuan Biaya Hidup yang terlambat dan kuramg jelas.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kkn Selengkapnya
Lihat Kkn Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun