Mohon tunggu...
M maulanaizzabillah
M maulanaizzabillah Mohon Tunggu... Mahasiswa - m maulana izzabillah

hallo everyone salam hangat, salam kenal semuanya

Selanjutnya

Tutup

Money

Mengembangkan Produksi Kopi UMKM dari Segi Kemasan dan Pemasaran

4 Januari 2022   18:55 Diperbarui: 4 Januari 2022   19:04 534
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kita pasti pernah mendengar dan tidak asing lagi dengan istilah UMKM, namun apa itu UMKM sebenarnya?. UMKM adalah singkatan dari Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Kelompok usaha ini merupakan kelompok dengan jumlah terbesar di Indonesia. Kemampuan UMKM bertahan terhadap krisis dan menjawab tantangan perekonomian di Indonesia membuatnya menjadi sektor yang sangat diandalkan oleh negara kita.

            Di Desa Raci yang terletak di kecamatan Bangil kabupaten Pasuruan, memiliki UMKM yang didirikan oleh masyarakat Desa Raci sebagai sebuah kegiatan usaha yang dijalankan oleh masyarakat dengan tujuan memperluas lapangan pekerjaan serta memberi pelayanan ekonomi kepada masyarakat secara luas. Kegiatan usaha yang termasuk ke dalam UMKM ini diharapkan bisa membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan serta mampu mewujudkan stabilitas nasional.

            UMKM yang di bangun oleh masyarakat sendiri adalah UMKM yang bisa di bilang bergerak di bidang pangan, yaitu produksi kopi. Produksi nya sendiri masih di bilang kecil, karena hasil produksi yang di hasilkan UMKM tersebut pemasarannya hanya sebatas memasarkan di warung-warung kelontong yang ada di sekitar desa tersebut.

            Dari wawancara yang di lakukan terhadap pengelola UMKM ada sedikit kendala dalam masalah pemasaran, di karenakan pemasarannya hanya sebatas dari mulut kemulut, dari orang orang sekitar dan kemasannya pun sangat sederhana, yaitu cuman dengan bungkus plastik polos yang tidak ada penggunaan logo produk pada kemasan. Karena salah satu faktor penting yang dapat mendukung berkembangnya UMKM  adalah teknologi dan pemanfaatannya. Para pelaku UMKM perlu diberi edukasi berbasis teknologi untuk lebih mengembangkan usahanya. Memasarkan melalui via online, melayani pembelian secara online hingga beberapa langkah yang bisa membuat jangkauan pemasaran menjadi lebih luas.

Dari permasalahan di atas, di temukan solusi bagaimana cara memasarkan produk kopi UMKM melalui market place yang tersedia di jejaring sosial sehingga dapat membantu dalam hal pemasaran sehingga produk dari UMKM tersebut bisa terjual secara luas, dan juga membantu memperbaiki kemasan produk dengan cara membantu mendisign logo produk sehingga produk kopi dari hasil UMKM tersebut lebih menarik konsumen

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun