Mohon tunggu...
m agungf
m agungf Mohon Tunggu... Mahasiswa - Saya seorang mahasiswa Universitas Brawijaya Program Studi Instrumentasi Departemen Fisika.

Saya memiliki hobi berolahraga dan membaca berita terupdate di media digital.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Dorong Digitalisasi UMKM, Mahasiswa UB Berikan Pelatihan Pemasaran Digital Berbasis E-Commerce

13 Agustus 2023   09:20 Diperbarui: 13 Agustus 2023   09:24 220
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kabupaten Blitar, 24 Juli 2023 -- Mahasiswa MMD UB -- 1000 (Mahasiswa Membangun Desa) Universitas Brawijaya (UB) kelompok 341 Desa Doko memberikan sosialisasi dan pelatihan bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Doko, Kecamatan Doko, Kabupaten Blitar. Adapun kegiatan ini dilakukan didasari oleh banyaknya pelaku UMKM yang sudah memiliki produk, akan tetapi terkendala dalam memasarkan produk-produknya. Mayoritas pemasaran produk yang dilakukan oleh para pelaku UMKM ini hanya antar tetangga saja, sehingga keuntungan yang didapat tidak maksimal. Selain itu, pemasaran yang dilakukan para pelaku UMKM ini juga melibatkan pelaku pihak lain sebagai reseller sehingga keuntungan yang didapat para pelaku UMKM tersebut sebagai supplier dinilai kurang. 

Adapun kegiatan sosialisasi dan pelatihan yang dilaksanakan oleh MMD UB 341 tersebut dilaksanakan di Kantor Kepala Desa Doko, dengan dihadiri oleh beberapa stakeholder diantaranya Kepala Desa Doko, Ibu-ibu PKK, perwakilan masyarakat, dan pelaku UMKM. Pelaksanaan kegiatan ini tentunya tidak terlepas dari tujuan bersama serta amanah dari Kepala Desa Doko untuk membimbing para pelaku UMKM khususnya di Desa Doko untuk memberikan nilai tambah bagi produk hasil UMKM tersebut. 

Pada kegiatan yang bertema Pemasaran Digital ini, didapati beberapa rangkaian program diawali dengan pembuatan desain banner usaha dan pembuatan akun media sosial Instagram sebagai media promosi pemasaran bagi pelaku UMKM. 

Foto | Dokumentasi Pribadi
Foto | Dokumentasi Pribadi
Selanjutnya terdapat kegiatan berupa sosialisasi dan edukasi mengenai Digitalisasi dan Era Revolusi Industri. Kegiatan ini bertujuan untuk membuka wawasan masyarakat, khususnya stakeholder yang hadir pada kegiatan tersebut. Dalam rangkaian kegiatan tersebut terdapat pelatihan secara langsung mengenai pembuatan akun e-commerce salah satunya yaitu shopee. Adapun aplikasi tersebut digunakan sebagai wadah bagi para pelaku UMKM untuk memasarkan produk-produk hasil UMKM secara digital. 

Kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dan Insight baru kepada warga Desa Doko khususnya para pelaku UMKM, akan pentingnya pemanfaatan dan pengembangan teknologi digital. Selain itu, adanya pelatihan bagi pelaku UMKM bertujuan untuk memberikan wawasan lebih berkenaan dengan pengoperasian media promosi dan pemasaran berbasis e-commerce.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun