Mohon tunggu...
Lynaf
Lynaf Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswi

Jika lelah belajar, istirahat lah,Jangan menyerah

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Pentingnya Pembelajaran IPS Serta Sumber dan Bahan Ajarnya

2 November 2023   15:00 Diperbarui: 2 November 2023   16:36 244
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Seberapa pentingkah calon guru SD mempelajari konsep dasar  pembelajaran IPS di tingkat SD?

 Tujuan utama pembelajaran  IPS adalah untuk mengembangkan potensi peserta didik agar peka terhadap permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat, mempunyai sikap mental yang positif dalam memperbaiki kesenjangan yang terjadi dan mampu menyelesaikan setiap permasalahan yang timbul sehari-hari.

Tujuan pembelajaran IPS dapat dikelompokkan menjadi tiga kategori yaitu:

  • Mengembangkan kemampuan intelektual peserta didik
  • Mengembangkan kemampuan dan tanggung jawab
  • Dan mengembangkan diri peserta didik sebagai individu.

Tujuan pertama ditujukan untuk mengembangkan kemampuan intelektual yang berkaitan dengan  siswa dan minat terhadap ilmu pengetahuan, khususnya ilmu-ilmu sosial. Tujuan kedua ditujukan untuk pengembangan pribadi peserta didik dan kemaslahatan masyarakat. Tujuan ketiga ditujukan bagi pengembangan pribadi peserta didik untuk kepentingan diri sendiri, masyarakat dan ilmu pengetahuan. Pendapat lain menyatakan bahwa tujuan mempelajari ilmu-ilmu sosial adalah untuk mengembangkan potensi peserta didik agar peka terhadap permasalahan-permasalahan sosial yang timbul di masyarakat, mempunyai sikap mental yang positif untuk memperbaiki segala kesenjangan yang timbul dan mampu menghadapi permasalahan-permasalahan sosial yang timbul di masyarakat.

 Apa saja sumber dan bahan ajar IPS?

 Terdapat lima jenis sumber daya ilmu sosial (IPS), antara lain:

  • Segala  sesuatu  yang ada dan terjadi disekitar anak mulai dari keluarga, sekolah, desa, kecamatan hingga lingkungan yang lebih luas seperti negara dan dunia dengan permasalahannya yang beragam.
  • Kegiatan manusia misalnya mata pencarian, pendidikan, agama, produksi dan komunikasi, transportasi. 
  • Lingkungan geografis dan budaya meliputi seluruh aspek geografi dan antropologi yang ada mulai dari lingkungan  terdekat hingga lingkungan terjauh anak.
  • Kehidupan  lampau, perkembangan kehidupan manusia, sejarah  lingkungan terdekat hingga sejarah lingkungan terjauh.
  •  Anak-anak sebagai sumber daya mencakup banyak aspek berbeda mulai dari makanan, pakaian, permainan, dan keluarga.

Ada pula yang membagi sumber dan bahan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sebagai berikut:

  • Lingkungan sosial : lingkungan ekonomi , sosial, politik, keamanan dan ketertiban.
  • Lingkungan alam: tanah, air, udara dan segala jenis sumber daya alam.
  • Lingkungan masyarakat dan budaya : berupa pemikiran, tindakan, pengetahuan, seni, adat istiadat, suku, bahasa.
  •  Nara sumber: tokoh masyarakat, pelajar, pejabat pemerintah.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun